Kaget Lihat Land Cruiser Baru Ringsek Berantakan

Uji tabrak Toyota Land Cruiser 300.
Sumber :
  • Dok: ANCAP

VIVA – Beberapa hari lalu, Toyota resmi meluncurkan Land Cruiser generasi baru di Indonesia. Kendaraan yang mengusung konsep sport utility vehicle itu, hadir dengan banyak sekali ubahan.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Model yang menjadi cikal bakal SUV Toyota di Tanah Air itu dirancang menggunakan platform Toyota New Global Architecture atau TNGA, yang dibuat lebih kuat namun ringan. Sistem keselamatan Toyota Safety Sense tersedia, untuk membantu pengemudi supaya mobil bisa melaju aman di jalan.

Khusus pasar Indonesia, kendaraan yang peluncuran globalnya sudah dilakukan pada tahun lalu tersebut ditawarkan dalam varian VX-R untuk mereka yang menyukai kemewahan, dan GR Sport sebagai flagship untuk pecinta sporty car.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Fitur yang ditawarkan meliputi perekam video situasi luar, pengisian ponsel nirkabel, sistem hiburan untuk penumpang belakang, serta rem parkir elektronik lengkap dengan tambahan brake hold. Khusus untuk tipe VX-R, mendapatkan tambahan power back door with kick sensor.

All New Toyota Land Cruiser

Photo :
  • Dok: TAM
Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

All New Toyota Land Cruiser dibekali mesin diesel VNT enam silinder 3.300cc, yang bisa menghasilkan tenaga 305 daya kuda serta torsi 700 Newton meter. Semuanya disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis 10 percepatan.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa Land Cruiser sudah lama menjadi mobil favorit para pejabat di Indonesia.

“Banyak digunakan oleh kalangan pejabat pemerintah, saya lihat di TNI juga, dan pejabat di perusahaan-perusahaan swasta yang ada di tingkat manajemen atas,” ujarnya.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Australasian New Car Assestment Program atau ANCAP, Minggu 16 Januari 2022, Land Cruiser 300 tipe VX-R baru saja melalui proses uji tabrak dan hasilnya sangat menggembirakan.

Kendaraan berbodi bongsor itu mendapat lima bintang, karena bisa melindungi penumpang dewasa dengan skor 89 persen dan anak-anak 88 persen. Bahkan sistem TSS yang disematkan, dapat melindungi pejalan kaki dengan baik.

Uji tabrak Toyota Land Cruiser 300.

Photo :
  • Dok: ANCAP

Proses pengujian dilakukan dengan menabrakkan mobil ke benda statis dari sudut tertentu, kemudian dilanjutkan menghantam sisi sampingnya dan beberapa tes lain. Meski ringsek berantakan, tapi mobil tetap bisa melindungi penumpang dengan sangat baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya