16 Mobil Canggih Touring dari Jawa ke Sumatera

Ilustrasi pengecasan mobil listrik Hyundai Ioniq
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Sebanyak 16 mobil listrik digunakan untuk acara touring Jawa-Sumatera pada hari ini, Senin 17 Januari 2022. Mereka memulai perjalanan dari Kampung Rambutan, Jakarta, dan finis di Jambi. Mobil listrik itu akan menempuh perjalanan darat sejauh 892 kilometer.

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Belasan mobil listrik itu sampai di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Senin siang, sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka menyeberangi Selat Sunda, untuk meneruskan perjalanan di Pulau Sumatera.

"Road show pada kesempatan ini menggunakan kendaraan listrik dalam rangka green car, yang mana dalam rangka nantinya Kemenhub ditunjuk kembali sebagai manajer kampanye gerakan bangga buatan Indonesia 2022," kata Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan pada Kemenhub, Junaidi di Pelabuhan Merak, dikutip VIVA Otomotif Senin 17 Januari 2022.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Di Lampung, 16 mobil listrik direncanakan mengisi daya kembali, tepatnya di KM 49 Tol Lampung-Palembang. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil yang digunakan bisa menempuh jarak hingga 300 kilometer.

Touring mobil listrik Kemenhub 2022

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama (Serang)
Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Sebelum memulai perjalanan Jawa-Sumatera, belasan mobil listrik itu sudah diisi penuh di Jakarta. Ditargetkan, touring kendaraan listrik sampai di Jambi besok, Selasa 18 Januari 2022.

"Ada 16 kendaraan, mobil listrik ini akan menempuh jarak 892 atau dari Jakarta-Jambi selama 2 hari. Pada spot tertentu akan dilakukan pengisian listrik di Bandar Lampung dan menuju ke Jambi. Diharapkan sampai di Jambi 18 Januari jam 12 siang," ujarnya.

Kemenhub menerangkan, sudah berkoordinasi dengan PLN untuk menyiapkan tempat pengisian listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Junaidi menjelaskan, untuk SPKLU dengan kapasitas 50 KV, maka lama charging kendaraan 1 jam. Sedangkan untuk kapasitas 25KV, memakan waktu 2 jam.

Kampanye green car yang dilakukan Kemenhub dengan 16 mobil listrik yang menempuh perjalanan Jakarta-Jambi, merupakan salah satu langkah persiapan G20 di Bali.

"Semua kendaraan berbasis baterai, ada dari Nissan, DFSK, Hyundai. Ini kedua kalinya Kemenhub menjadi tugas campaign," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya