Segini Harga Mobil Mewah yang Laku Keras di Indonesia

BMW X1 sDrive18i 
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya (Malang)

VIVA – Penjualan mobil di Indonesia merosot tajam di awal pandemi covid-19 pada 2020. Namun memasuki 2021 daya beli masyarakat terhadap mobil baru mulai merangkak naik sejak pemerintah memberikan sejumlah isentif.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Tidak heran jika Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo mencatat penjualan mobil baru dari diler ke konsumen sepanjang tahun lalu meningkat 50 persen dari tahun sebelumnya, atau 863.348 unit.

Bahkan segmen mobil premium juga meningkat lebih dari 9 persen. Salah satu brand yang meramaikan ceruk pasar tersebut adalah BMW yang mengalami pertumbuhan 17 persen atau terjual sebanyak 2.433 unit selama 12 bulan.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Peluncuran The New BMW X1

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Sementara di dua tahun sebelumnya atau awal pandemic covid-19, BMW hanya bisa menjual mobil ke konsumen sebanyak 2.082 unit. Berkaca dari pendapatannya di 2021, model paling laris adalah jenis SUV atau Sport Utility Vehicle.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Mobil gagah yang menjadi primadona adalah BMW X1, X3, dan X5. Ketiganya laris manis dengan kontribusi 27 persen dari total penjualannya di tahun lalu, sedangkan seri 3 menyumbang 25 persen, dan seri 5 hanya 11 persen.

Soal harga, X1 dilego Rp800 jutaan, sedangkan X3 Rp1 miliaran, dan X5 mulai dari Rp1,5 miliar on the road Jakarta. Cukup mengejutkan, jika mobil semahal itu bisa laris manis dan menjadi tulang pungung BMW di Indonesia.

Pencapaian tersebut belum terhitung dengan brand Mini yang berada di bawah naungan BMW Group Indonesia. Tahun lalu mobil Mini Cooper terjual 669 unit ke konsumen, maka secara keseluruhan produsen mobil premium itu berhasil menjual produknya mencapai 3.102 unit atau tumbuh 21 persen.

Diketahui, Mini Cooper di Indonesia ditawarkan dalam beberapa model. Mengutip situs resminya, harga mobil asal Inggris tersebut dibanderol mulai dari Rp755 juta sampai Rp1,5 miliaran untuk Countryman edisi John Cooper Works.

Mobil Mini John Cooper Works GP resmi diluncurkan di Indonesia

Photo :
  • dok. BMW Group Indonesia

“Kami berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan sebesar 21 persen. Berkat program penawaran BMW dan Mini yang meranik serta strategi yang berorientasi pada pelanggan,” ujar Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan dikutip Viva Otomotif dari keterangan resminya, Selasa 18 Januari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya