Yamaha Punya Peran Penting di Mobil Kencang Ini

Subaru Tecnica International
Sumber :

VIVA – Subaru Tecnica International E-RA merupakan mobil listrik konsep yang punya tenaga 1.073 HP dan dibantu oleh motor listrik garapan Yamaha. Rencananya mobil listrik tersebut akan memecahkan rekor di Sirkuit Nürburgring, Jerman. 

Terpopuler: 10 Mobil Listrik Terlaris, Kendaraan Ini Bikin Indonesia Jadi Sorotan

Dalam pernyataan resminya, tujuan STI adalah untuk mencapai rekor satu lap dalam 400 detik, pada ajang time attack di Sirkuit Nürburgring pada 2023 mendatang.

"Kami telah memanfaatkan pengetahuan tentang kekuatan Subaru dalam 'all-wheel control technology' untuk mengontrol output tinggi dengan output sistem maksimum 800kW (1088ps) dengan teknologi vektor torsi 4-motor 4-roda eksklusif yang baru diadopsi," tulis pernyataan resmi STI, dikutip VIVA Otomotif Selasa 18 Januari 2022.

Banyak Dicari Orang Kaya, Mobil Ini Inden hingga Agustus 2024

Mobil listrik tersebut menggunakan motor listrik bertipe high-torque high-revolution, yang digarap oleh Yamaha Motor Co., Ltd.

Subaru STI E-RA Concept.

Photo :
  • Dok: Subaru
Mobil Ini Bikin Indonesia Jadi Sorotan

"Sistem vektor torsi yang unik adalah teknologi yang menyamakan keseimbangan hingga batas cengkeraman masing-masing empat roda dengan sistem kontrol yang berfokus pada pengemudi yang prioritas tertingginya adalah kenikmatan berkendara. Hal ini meningkatkan level grip secara maksimal dan menstabilkan posisi bodi mobil," tulis STI.

Di sisi lain, menurut Yamaha proyek ini dikembangkan untuk menjadi 'emotional electric engines' yang memanfaatkan teknologi dan rasa. Hal ini menjadi core Yamaha dalam mengembangkan teknologi motor listrik untuk STI E-RA ini.

Lebih lanjut, berkat teknologi pengecoran dan permesinan kami yang diperoleh melalui pengembangan mesin, adopsi konduktor segmen efisiensi tinggi, dan banyak lagi, unit ini mencapai output tinggi dengan ukuran yang ringkas.

STI E-RA concept ini dipajang oleh Subaru pada ajang Tokyo Auto Salon 2022 yang berlangsung selama tiga hari mulai hari Jumat 14 Januari hingga hari Minggu16 Januari 2022. Pameran otomotif ini digelar di Makuhari Messe International Convention Complex.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya