Mobil Avanza Ini Mengeluarkan Banyak Asap tapi Beredar di Jalan

Toyota Avanza keluar asap putih
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Toyota Avanza menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia, tidak heran jika banyak penggunanya yang menjadi sorotan. Seperti pemilik Avanza dengan pelat nomor T, atau berasal dari Subang, Purwakarta, dan Karawang.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Berdasarkan unggahan video Instagram @indra_fathan, terlihat Toyota Avanza generasi kedua tampak dalam keadaan tidak sehat. Pasalnya banyak asap putih yang keluar dari kenalpot layiknya motor dengan mesin dua tak.

Saking banyaknya asap keluar dari knalpot, pengguna jalan di sekitarnya terganggu karena asap tersebut menggangu pengelihatan. Belum lagi bahaya untuk kesehatan, terutama pengendara yang berdekatan dengan Avanza tersebut.

2 Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, Kejagung Juga Usut soal Jet Pribadi

Melihat postingan tersebut, warganet berbondong-bondong memberikan komentar pedas. Salah satunya dari akun @titoleoo yang menyebut Avanza diesel dengan transmisi matik, kemudian ada juga yang menyalahkan pemiliknya.

“Punya mobil tapi enggak bisa merawat, enggak punya uang buat servis,” tulis komentar @chg0096. Selain itu, ada juga yang menyindir bahwa mobil dengan mesin bensin tersebut mirip dengan motor peminum oli samping.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, penyebab asap putih dari knalpot Avanza model lama tersebut dari kondisi mesin yang tidak terawat, sehingga ada komponen yang rusak di dalmnya.

“Bisa karena oli terbakar, atau dari ring piston yang sudah menempel dengan piston, serta seal valve,” ujar Didi saat dikonfirmasi Viva Otomotif, Selasa 18 Januari 2022.

Menurutnya penyebab utama ring piston aus karena pergantian oli mesin yang telat. Sehingga fungsinya untuk menjaga kompresi di ruang pembakaran menurun, dan tidak mampu menahan sisa oli dan keluar di saluran pembuangan.

Sejak diperkenalkan pada 2003, dan mulai dijual ke pasar pada 2004, Toyota Avanza berhasil membius masyarakat Indonesia. Terutama mereka yang tidak mampu membeli Kijang Innova karena harganya yang terus meningkat.

Hingga kini Avanza masih menajdi penguasa pasar di segmen Low MPV (Multi Purpose Vehicle). Mobil yang dapat menampung tujuh penumpang itu dihadirkan dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.300cc, dan 1.500cc berpenggerak roda belakang.

Jika melihat desain bumper belakang, dan lampu pengereman dari Avanza yang mengeluarkan asap tersebut diduga lansiran 2011. Di mana masih menggandalkan mesin dengan kode 1NR-FE, dan 2NR-FE.

Kini Avanza sudah berubah total, meluncur pada November 2021 mobil Low MPV tersebut sudah memiliki penggerak roda depan dengan fitur yang lebih canggih dari generasi sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya