Dapat Diskon PPnBM, Ini Cicilan Paling Murah Toyota Avanza Baru

Toyota All New Avanza.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – All New Avanza dan All New Veloz menjadi salah satu produk baru yang sempat menikmati diskon PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) nol persen di awal kemunculannya pada 10 November 2021.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Di tahun lalu dbanderol Toyota Avanza baru mulai Rp206,200 juta, sampai Rp264,400 juta. Sedangkan Veloz terbaru harganya mulai dari Rp251,200 juta, sampai Rp291,500 juta dengan status on the road DKI Jakarta.

Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Mengingat isentif PPnBM nol persen hanya berlaku sampai akhir tahun lalu, maka harga mobil yang jadi gacoan Toyota itu naik di Januari 2022. Mengikuti kebijakan pajak barang mewah diukur berdasarkan emisi gas buang.

Kenaikannya beragam tergantung tipe, namun nilainya mencapai puluhan juta rupiah. Melansir situs resmi Toyota Indonesia, sebagai contoh varian terendah Avanza baru menjadi Rp228,300 juta, atau lebih mahal Rp22,1 juta.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Namun kenaikan harga itu tidak akan bertahan lama, pasalnya pemerintah akan kembali memberikan potongan PPnBM di tahun ini. Seperti yang disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto.

“Mobil harga Rp200-250 juta pada kuartal pertama PPnBm ditanggung pemerintah 50 persen. Kemudian kuartal kedua, bayar penuh,” ujarnya saat konfrensi pers baru-baru ini.

Atas dasar tersebut maka banderol Avanza-Veloz baru takan berubah menjadi lebih terjangkau, namun tidak seperti di tahun lalu. Mengingat potongan pajak yang diberikan hanya setengah, artinya tidak penuh 100 persen.

Diduga dengan kebijakan baru tersebut, harga mobil Low MPV (Multi Purpose Vehicle) itu turun sekitar Rp14 jutaan. Tapi bagi konsumen yang ingin melakukan pembelian kredit saat ini belum ada perubahan harga.

Mengacu banderol yang diterapkan sekarang, seperti dikutip Viva Otomotif, Rabu 19 Januari 2021 dari situs resmi Toyota Indonesia, jika tertarik meminang Avanza tipe terendah maka uang muka yang harus disiapkan sebesar Rp60 jutaan.

Artinya DP (Down Payment) mobil tersebut sebesar 20 persen. Dengan paket EZ Deal, jangka waktu, atau tenor kredit bisa mencapai 72 bulan atau enam tahun, di mana angsuran per tahunnya berbeda-beda.

Untuk cicilan tahap pertama, atau satu sampai dua tahun hanya Rp3,7 jutaan, kemudian memasuki tahun ketiga sampai keenam mencapai Rp4 jutaan. Mengikuti kenaikan pendapatan dari debitur atau konsumen.

Paket kredit tersebut sudah termasuk dengan pembayaran asurasi kendaraan di awal, dengan kombinasi di mana komprehensif selama dua tahun dan sisanya TLO (Total Loss Only).

Avanza-Veloz baru ditawarkan dua pilihan mesin bensin empat silinder. Yang pertama berkapasitas 1.329cc berkode 1NR-VE dengan teknologi dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dapat disemburkan 98 PS dan torsi 121,6 Nm. 

Kemudian mesin keduanya berkapasitas 1.496cc dengan kode 2NR-VE atau seperti Sienta yang dapat menyemburkan tenaga 106 PS dan torsi 137,2 Nm. Pilihan transmisinya manual 5-percepatan, dan matik CVT 7-percepatan.

Memiliki kapasitas tujuh penumpang, kedua mobil small MPV itu berpenggerak roda depan dengan platform baru. Sebelumnya mobil dengan julukan sejuta umat itu bertahun-tahun mengandalkan penggerak belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya