Pesaing Mobil Avanza Sehari Laku 7 Ribu? Ini Keunggulannya

KIA Carens edisi 2021
Sumber :
  • Dok: KIA

VIVA – Para pecinta otomotif mungkin tertarik dengan pesaing mobil Avanza yang satu ini. Mobil generasi terbaru dari KIA Carens ini memiliki keunggulan yang bikin iri mobil lainnya. Yuk simak pembahasan mengenai sederet info menarik dari pesaing Avanza, dan keunggulanya berikut ini.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Pesaing Avanza Laku Keras, Sehari 7 ribu unit Terjual

KIA Carens edisi 2021

Photo :
  • Firstpost
Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, yakni KIA pada akhir tahun kemarin resmi mengenalkan mobil multi purpose vehicle atau MPV di India. Kendaraan tersebut merupakan generasi terbaru dari KIA Carens, yang mengisi segmen sama seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Rabu 19 Januari 2022, Carens edisi 2022 hadir dengan ubahan yang lebih lengkap dan modern. Generasi pertama dari kendaraan serba guna yang berkapasitas tujuh orang itu, pernah dipasarkan di Indonesia. Platform yang digunakan sama seperti KIA Seltos, namun Carens hadir dalam wujud MPV dan dibekali dengan tiga baris kursi. Dimensinya yaitu panjang 4.540 milimeter, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.708 mm.

Desain Mobil MPV Sangat Minimalis

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

KIA Carens edisi 2021

Photo :
  • Cartoq

Bagian depan dihiasi dengan lampu daytime running light atau DRL, yang dibuat menyatu dengan lampu belok. Posisinya tepat berada di bawah kap mesin, sedangkan penerangan utama berada di bagian bawah. Tampilan grille Tiger Nose khas KIA sama sekali hilang, digantikan desain ala mobil listrik yang minimalis dan tertutup. Aliran udara dingin masuk dari bagian bumper depan, yang dibuat besar dan diberi aksen krom. Fitur yang disuguhkan pada varian tertinggi yakni sunroof, panel instrumen digital, jok depan dengan fitur pemanas dan penyejuk, pengisian ponsel nirkabel, AC digital, serta penjernih udara kabin.

Terdapat tiga pilihan jantung pacu, yakni bensin 1.500cc standar dengan kemampuan 115 daya kuda dan torsi 144 Newton meter, bensin 1.400cc turbocharger berkekuatan 140 dk dan torsi 242 Nm, serta diesel 1.500cc yang mampu menghasilkan 115 dk dan torsi 240 Nm. Keran inden sudah dibuka di Negeri Hindustan. Hebatnya, dalam waktu satu hari sudah ada lebih dari 7.700 orang yang meneken surat pemesanan kendaraan. Sebagai perbandingan, Avanza baru yang diluncurkan akhir tahun lalu di Indonesia laku lebih dari 8 ribu unit dalam waktu dua pekan.

Keunggulan MPV, Generasi Terbaru Dari KIA Carens

KIA Carens edisi 2021

Photo :
  • Dok: KIA

Jenis kendaraan ini terutama dirancang untuk mengangkut sejumlah penumpang. Orang juga menyebut kendaraan seperti 'Minivan' atau 'Multi Utility Vehicle (MUV)'. Kendaraan ini menjadi populer di seluruh dunia. Hal ini terutama karena kenyamanan yang mereka tawarkan dalam hal daya dukung orang atau kargo.

Dikutip dari carbiketech.com, kendaraan serba guna/Multi Utility Vehicle ini biasanya memiliki dua atau tiga baris kursi yang dapat menampung 6 hingga 8 orang penumpang. Ini adalah keuntungan yang paling penting dari kendaraan ini. Selain itu, mobil ini memiliki ruang interior yang fleksibel yang berarti dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Jika kamu ingin membawa lebih banyak kargo, lipat saja beberapa kursi. Dan dengan demikian, kamu akan memiliki cukup ruang untuk meletakkan semua barang-barang kamu. Selain itu, gaya desain tegak memungkinkan ruang interior terasa lebih lega dan lapang.

Selain itu, berkat kemajuan teknologi, performa mobil MPV hampir bisa disejajarkan dengan kendaraan lain. Umumnya, kendaraan ini menggunakan konstruksi unibody sehingga ringan. Peningkatan konstruksi dan pengurangan bobot menghasilkan penanganan yang lebih baik dan penghematan bahan bakar.

Kendaraan serba guna dapat berupa penggerak roda depan atau penggerak roda belakang. Namun, karena masalah penghematan bahan bakar, pabrikan biasanya menghindari menempatkan tata letak all-wheel drive pada mereka. Karena gaya bodi yang tegak, kendaraan multiguna memiliki ground clearance yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya