Menunggu Mobil Baru Hyundai yang Siap Jegal Toyota Avanza di RI

Hyundai Stargazer
Sumber :
  • Autospy.net

VIVA – Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia terutama kelas menengah ke bawah. Sehingga tidak heran jika para produsen mobil berlomba-lomba terjun di kolam yang sama dengan membuat produk sejenis.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Dari perwakilan brand Jepang segmen Low MPV diramaikan oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Mitsubishi Xpander. Sedangkan jenama asal China diwakilkan Wuling Confero S.

Tidak berhenti sampai di situ, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) sebagai produsen mobil asal Korea Selatan masih melihat peluang besar di kelas tersebut. Sehingga mereka diam-diam mempersiapkan produk sejenis.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Bocoran Hyundai Stargazer pesaing Toyota Avanza.

Photo :
  • Gaadiwaadi

Sejak Juli 2021, mobil yang digadang-gadang bernama Hyundai Stargazer itu kepergok uji coba di jalan raya Indonesia, dan Korea Selatan.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Sejumlah media luar ramai-ramai memberitakan spy shoot MPV terbaru berlogo H miring tersebut. Jika berkaca dari penampkannya di jalan raya dengan terselubug kamuflase, sekilas desain eksteriornya mirip Hyundai Staria.

Terutama desain lampu utamanya di sisi kiri, dan kanan bumper bagian bawah menyambung dengan grill. Pilar A sampai D tampak landai, tidak ada lekukan serba kaku, velgnya dual tone memiliki desain cukup unik.

Sinyal hadirnya MPV baru Hyundai juga terlihat dari situs resmi Kementerian Hukum dan Ham. Di mana nama Stargazer sudah diajukan melalui Pangkal Data Kekayaan Intelektual sebagai produk terbaru untuk pasar Asean.

Diduga mobil yang akan menjadi penjegal Avanza baru tersebut diproduksi di dalam negeri, tepatnya di pabrik terbaru mereka yang berlokasi di Kawasan Industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Lantas kapan peluncuran resminya?

Saat dikonfirmasi terkait kehadiran Stargazer di Indonesia, Chief Operating Officer PT HMDI, Makmur masih enggan memberikan komentar. Bahkan pesan singkat dari Viva Otomotif tidak diberikan respon, atau balasan.

Padahal sebelumnya Makmur sempat menyebut bahwa Hyundai sudah memiliki rencana untuk ikut meramaikan pasar Low MPV. Meskipun tidak ada informasi terkait nama produk yang akan terjun di ceruk pasar tersebut.

“Yang pasti kita sudah punya rencana produk planning-nya. Kita menganalisa market Indonesia seperti apa yang cocok untuk kita keeluarkan produknya. Jadi tunggu saja tanggal mainnya,” ujarnya saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Sebelumnya saat pabrik Hyundai diresmikan pada 17 Januari  2022, Presiden Direktur PT HMID, Song Jung Ha sempat membocorkan informasi penting bahwa mobil Low MPV miliknya akan diluncurkan ke publik tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya