Mobil Paling Mahal Arteria Dahlan yang Pakai Pelat Nomor Polisi

Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Politisi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan selalu menjadi sorotan publik. Jika sebelumnya dia sempat berselisih dengan seorang wanita yang mengaku anak jenderal, kini terkait dengan koleksi mobil mewahnya.

Bukan Fortuner, Nomor Pelat TNI yang Viral Ternyata Terdaftar untuk Pajero Sport

Anggota DPR RI itu ternyata memiliki 5 mobil mewah yang sengaja di parkir di basement Nusantara II DPR Kompleks Parlemen, Jakarta. Menariknya, kendaraan tersebut memiliki pelat dinas kepolisian yang serupa, yaitu 4196-07.

Pelat nomor yang biasa digunakan anggota kepolisian tersebut menempel di kelima mobil miliknya yang meliputi Toyota Kijang Innova, Mitsubishi Pajero Sport, All New Nissan Livina, Toyota Vellfire, dan Mitsubishi Grandis.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

“Berdasarkan hasil pendataan di Bagian Invent Biro Pal Slog Polri untuk nopol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar atas nama H. Arteri Dahlan, DPR RI,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan dikutip VIVA Otomotif Kamis 20 Januari 2022.

Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate

Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Mali
Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Saat dikonfirmasi terkait kejanggalan tersebut, Arteria Dahlan berdalih bahwa pelat nomor polisi yang secara kompak menempel di kelima mobilnya tersebut hanya sementara. Mengingat identitas tersebut hanya untuk Pajero Sport.

“Itu pelat-pelat nomor mobil kalau gue pakai (salah satu mobil) pakai pelat DPR. Karena itu hanya pelat dasar, bukan asli,” ujar Arteria saat dikonfirmasi wartawan.

Jika diurutkan dari harga termahal, Toyota Vellfire berwarna hitam menduduki peringkat atas. Sebab mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle itu dalam keadaan barunya dilego Rp1 miliaran.

Namun Vellfire yang dimiliki Arteria bukan keluaran terbaru, melainkan lansiran 2012-2013. Berdasarkan informasi dari berbagai platform jual beli online, harga bekas MPV pintu geser tersebut saat ini hanya Rp380-400 jutaan.

Merangkum dari beberapa sumber, Vellfire pertama kali dijual di Indonesia pada 2010 dengan desain lebih sporty dari Alphard. Meski bentuk eksteriornya beda, namun kedua mobil mewah itu memiliki spesifikasi yang serupa.

Mengandalkan mesin bensin 2.400cc, Vellfire mendapatkan penyegaran atau sekadar facelift saat memasuki 2012. Model itu lah yang dimiliki Arteria Dahlan, terlihat dari bentuk grill depan, dan lampu depan yang terbagi dua.

Nah mobil lain yang harganya cukup mahal adalah Pajero Sport dan Fortuner. Kedua mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle tersebut adalah generasi terbaru yang mendapatkan perubahan total pada 2016.

Tidak diketahui tahun produksi dari kedua mobil gagah milik Arteria, mengingat desain eksteriornya Fortuner dan Pajero Sport itu bertahan sampai 2020. Kini harga bekas mobil diesel tersebut masih di angka Rp400 jutaan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya