Sopir Truk Maut Kecelakaan Balikpapan, Kenapa Rem Blong?

Tangkapan layar rekaman kecelakaan truk tabrak kendaraan di Balikpapan
Tangkapan layar rekaman kecelakaan truk tabrak kendaraan di Balikpapan
Sumber :
  • CCTV Rapak

VIVA – Kecelakaan Balikpapan yang terjadi pada pukul 06.19 WIB, Jumat 21 Januari 2022 telah menelan banyak korban. Sopir truk maut yang menjadi penyebab utamanya ternyata hilang kendali karena kondisi rem blong.

“Keterangan sopir truk tronton pompa anginya rem tidak berfungsi sehingga menyebabkan terjadinya rem blong,” ujar Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo kepada wartawan.

Dari kecelakaan tersebut lima orang meninggal dunia, dan 14 orang lainnya mengalami luka-luka. Belajar dari kasus tersebut, ada beberapa penyebab rem truk tidak berfungsi, dan kerap menjadi masalah utama penyebab kecelakaan.

Director Training Safety Defensesive Consultant, Sony Susmana mengatakan, banyak kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti truk atau bus karena disebabkan rem blong. Hal itu disebabkan perawatannya tidak tepat.

“Karena perawatan yang tidak teratur, ditambah truk milik perusahaan sehingga jarang dipantau atau perawatannya lebih susah, berbeda dengan kendaraan kecil, atau mobil pribadi,” ujar Sony kepada Viva Otomotif, Jumat 21 Januari 2022.

Truk diduga rem blok menabrak sejumlah kendaraan di perempatan Rapak Balikpapan

Truk diduga rem blok menabrak sejumlah kendaraan di perempatan Rapak Balikpapan

Photo :
  • Facebook @Evfantri

Menurutnya, perawatan kendaraan besar seharusnya lebih difokuskan pada sektor kaki-kaki seperti ketebalan ban, hingga sistem pengereman. Karena cukup berat beban kendaraan, maka dibutuhkan daya cengkram maksimal.