Bocoran Mobil yang Dapat Diskon PPnBM 2022

Daihatsu All New Xenia.
Daihatsu All New Xenia.
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Mereka yang membeli mobil tipe tertentu pada tahun lalu, bisa mendapatkan keringanan berupa relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM. Besarannya mencapai puluhan juta rupiah.

Insentif PPnBM DTP sebesar 100 persen untuk beberapa model mobil, resmi diberlakukan mulai Maret 2021 dan tersedia hingga akhir tahun. Mulai bulan ini, banderol kendaraan tersebut kembali ke angka normal.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan tidak adanya insentif membuat ketertarikan masyarakat untuk melakukan pembelian mobil pada awal tahun ini mengalami penurunan.

Selain itu, sepinya minat membeli mobil juga disebabkan adanya kenaikan tarif pajak barang mewah atau PPnBM untuk beberapa tipe mobil, terutama yang banyak diminati oleh konsumen seperti LMPV, LSUV dan LCGC.

Demi meredam market shock yang diakibatkan oleh dua hal itu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah menyetujui relaksasi pajak barang mewah ditanggung pemerintah untuk sektor otomotif dan properti.

Pameran IIMS 2021

Pameran IIMS 2021

Photo :
  • VIVA Otomotif

Insentif diberikan untuk LCGC sebesar 100 persen, dan berlaku selama kuartal pertama tahun ini. Pada kuartal dua pembeli LCGC hanya dikenakan PPnBM sebesar 1 persen, dan di kuartal tiga dibebankan 2 persen. Tiga bulan selanjutnya, konsumen dibebankan PPnBM penuh yakni 3 persen.