Bocoran Mobil yang Dapat Diskon PPnBM 2022

Daihatsu All New Xenia.
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Mereka yang membeli mobil tipe tertentu pada tahun lalu, bisa mendapatkan keringanan berupa relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM. Besarannya mencapai puluhan juta rupiah.

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

Insentif PPnBM DTP sebesar 100 persen untuk beberapa model mobil, resmi diberlakukan mulai Maret 2021 dan tersedia hingga akhir tahun. Mulai bulan ini, banderol kendaraan tersebut kembali ke angka normal.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan tidak adanya insentif membuat ketertarikan masyarakat untuk melakukan pembelian mobil pada awal tahun ini mengalami penurunan.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Selain itu, sepinya minat membeli mobil juga disebabkan adanya kenaikan tarif pajak barang mewah atau PPnBM untuk beberapa tipe mobil, terutama yang banyak diminati oleh konsumen seperti LMPV, LSUV dan LCGC.

Demi meredam market shock yang diakibatkan oleh dua hal itu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah menyetujui relaksasi pajak barang mewah ditanggung pemerintah untuk sektor otomotif dan properti.

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Pameran IIMS 2021

Photo :
  • VIVA Otomotif

Insentif diberikan untuk LCGC sebesar 100 persen, dan berlaku selama kuartal pertama tahun ini. Pada kuartal dua pembeli LCGC hanya dikenakan PPnBM sebesar 1 persen, dan di kuartal tiga dibebankan 2 persen. Tiga bulan selanjutnya, konsumen dibebankan PPnBM penuh yakni 3 persen.

Sementara untuk mobil dengan harga Rp200 juta hingga Rp250 juta, pemerintah hanya memberi insentif sebesar 50 persen di kuartal pertama. Selanjutnya, pajak barang mewah dibayar penuh.

Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Rudy Ardiman mengaku bahwa saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan dari perpanjangan program diskon PPnBM tersebut.

“Karena aturannya sudah ada, dari pihak ADM sudah mendaftarkan (tipe mobil yang bisa dapat relaksasi). Tapi, kami masih menunggu apakah yang kami daftarkan itu sesuai tidak dengan kriteria yang dikeluarkan pemerintah,” ujarnya di Kalimantan Timur, dikutip VIVA Otomotif Jumat 21 Januari 2022.

Rudy mengaku, Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sigra otomatis akan mendapatkan fasilitas itu karena keduanya masuk dalam segmen LCGC.

“Sisanya yang bisa masuk ke Rp250 juta itu ada Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Minibus,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya