Jika Kecelakaan Truk, Jangan Cuma Salahkan Sopirnya Saja

Truk diduga rem blok menabrak sejumlah kendaraan di perempatan Rapak Balikpapan
Sumber :
  • Facebook @Evfantri

VIVA – Kejadian kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti truk dan bus, biasanya berakibat fatal dan banyak memakan korban. Tapi, sopir truk atau bus biasanya sering menjadi seorang yang disalahkan, atau bahkan menjadi tersangka setelah kejadian kecelakaan.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Padahal selain sopir ada pihak-pihak yang dirasa juga harus bertanggung jawab ketika terjadi kecelakaan, seperti perusahaan operator bus dan truk tersebut, karena perusahaan punya kewajiban untuk membuat kondisi kendaraan dan sopir dalam keadaan baik. 

Seperti pengecekan kondisi kendaraan sebelum kendaraan berangkat adalah kegiatan yang wajib dilakukan, selain itu perusahaan juga punya kewajiban untuk mengetahui kesiapan awak dan sopir sebelum mengendarai kendaraan.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Menurut Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menjelaskan bahwa, kecelakaan yang sering terjadi baik truk dan bus karena perusahaan yang tidak menguasai dan mengerti teknologi pada kendaraan saat dibeli.

Tangkapan layar rekaman kecelakaan truk tabrak kendaraan di Balikpapan

Photo :
  • CCTV Rapak
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

"Harusnya perusahaan punya buku manual servis, buku manual perawatan, sehingga mekanik yang melakukan perawatan juga paham cara merawatnya. Tanya ke mekaniknya, kalau tidak mengerti harusnya diikutkan pelatihan, jangan sampai karena takut dipecat mekanik bilang paham saja, padahal tidak paham, itu bisa fatal akibatnya," bilang Ahmad kepada VIVA Otomotif.

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan bahwa setiap perusahaan baik bus maupun truk wajib memberikan edukasi dan pelatihan kepada para mekanik, sehingga ketika dikendarai kendaraan dalam kondisi yang baik.

Selain itu, perusahaan juga wajib untuk memeriksa kesiapan sopirnya, karena Ahmad mengakui bahwa kecelakaan bisa terjadi lantaran pengemudinya yang belum memiliki kesiapan. 

Kesiapan itu kata Ahmad ada kesiapan fisik, seperti kondisi badan yang tidak fit atau kurang tidur. "Sopir yang mengemudi dalam kondisi belum tidur selama 24 jam terakhir, kadar alkohol di dalam darahnya sama seperti sopir tersebut mengonsumsi minuman beralkohol," bilang Ahmad.

Selain itu sama seperti mekanik, sopir yang tidak paham pun harus diberikan edukasi atau pelatihan, Ahmad menyebutkan tak jarang sejumlah sopir yang kebingungan dengan kendaraan operasionalnya, karena kendaraannya keluaran terbaru atau memiliki teknologi yang lebih canggih.

Kecelakaan beruntun terjadi di Tol Cikunir

Photo :
  • Tangkapan layar

"Karena kadang, banyak perusahaan yang main asal beli saja kendaraan, tapi kurang paham dengan sejumlah fitur yang tertanam pada kendaraan tersebut, parahnya mereka enggak punya manual book-nya," bilang Ahmad.

Nah, uraian tersebut adalah faktor yang juga bisa mengakibatkan kecelakaan, makanya ketika terjadi kecelakaan jangan hanya sopir yang disalahkan, karena bisa saja kesalahan yang dilakukan oleh sopir merupakan rentetan kesalahan yang dilakukan mekanik yang tidak paham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya