Daihatsu Terios 7 Wonders Nusantara: Benteng Alam Kota Minyak

Daihatsu Terios 7 Wonders Nusantara
Daihatsu Terios 7 Wonders Nusantara
Sumber :
  • Dok: ADM

VIVA – Ekspedisi Daihatsu Terios 7 Wonders pada tahun ini dibagi menjadi tiga etape, di mana yang pertama adalah menyusuri keindahan alam Ibu Kota Negara baru, yang oleh Presiden Jokowi diberi nama Nusantara.

Ada empat wilayah yang dikunjungi, yakni Penajam, Kutai, Samarinda, dan Balikpapan. Eksplorasi digelar selama tiga hari, dengan menggunakan mobil Daihatsu Terios dan menempuh jarak kurang lebih 450 kilometer.

Pada hari terakhir yakni Jumat 21 Januari 2022, para peserta termasuk VIVA Otomotif diajak melihat salah satu benteng alam yang berada di Kota Minyak, sebutan untuk Balikpapan.

Benteng alam yang dimaksud adalah Hutan Mangrove Center, yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Luas wilayahnya saat ini kurang lebih 150 hektare, dan berisi tanaman bakau.

Mangrove/hutan mangrove/bakau/hutan bakau.

Mangrove/hutan mangrove/bakau/hutan bakau.

Photo :
  • Freepik/lifeforstock

Ada kisah menarik dari Hutan Mangrove Center Balikpapan, di mana pendirinya adalah seorang pria bernama Agus Bei. Ia merupakan salah satu warga, yang pada 1997 kehilangan rumah akibat terjangan angin badai dari laut.

Setelah ia telusuri, ternyata hal itu disebabkan tidak adanya penghalang antara pantai dan daratan. Sejak 2001, ia kemudian aktif menanam bibit bakau yang saat ini berhasil menjadi hutan.