Ada IKN, Begini Pasar Otomotif di DKI Jakarta Nantinya

Terios 7 Wonders Nusantara
Sumber :
  • Dok: ADM

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa pangsa pasar terbesar industri otomotif nasional berada di Pulau Jawa, terutama di kota-kota besar seperti DKI Jakarta dan Surabaya.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Data dari Korps Lalu Lintas Polri menunjukkan, ada 127 juta unit mobil pribadi yang terdaftar di Jawa. Sementara, Sumatera menempati urutan dua dengan jumlah 2,8 juta unit. Diikuti oleh Sulawesi sebanyak 1 juta unit.

Kalimantan ada di peringkat empat jumlah mobil pribadi, yakni sebanyak 789 ribuan unit. Meski demikian, jumlah tersebut di masa depan diprediksi akan mengalami kenaikan seiring mulai beroperasinya Ibu Kota Negara atau IKN baru, yang oleh Presiden Jokowi diberi nama Nusantara.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum bisa bicara banyak soal seberapa besar pangsa pasar di IKN Nusantara.

macetnya jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Gilang
Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

“Kalau sekarang masih sulit dikatakan bagaimana pasarnya, karena belum tahu detailnya. Kami masih lihat prospektifnya,” ujarnya di sela-sela acara Terios 7 Wonders Nusantara, dikutip VIVA Otomotif Senin 24 Januari 2022.

Meski belum bisa mengatakan apa-apa soal seberapa besar kebutuhan mobil pribadi jika nanti IKN sudah resmi dipindah, namun Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Rudy Ardiman menuturkan bahwa kecil kemungkinan akan terjadi pergeseran pasar dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

“Kebutuhan masyarakat masing-masing daerah berbeda. Jakarta sendiri sudah established secara bisnis, kami mengharapkan justru punya porsi lebih besar dengan IKN ini,” tuturnya.

Rudy menjelaskan, saat ini satu-satunya hal yang bisa dilakukan pihaknya adalah menghitung seberapa besar area yang bisa dilayani oleh diler-diler Daihatsu yang ada di wilayah Penajam Paser Utara dan sekitarnya.

“Persiapan saat ini, coverage area,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya