Ditunggu di RI, Mobil Gagah Ini Hadir dengan Mesin Lebih Buas

Ford Bronco Raptor 2022
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA – Ford Bronco menjadi salah satu mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle paling digemari di Amerika Serikat. Mobil gagah yang biasa digunakan untuk medan off road tersebut lebih laris dibandingkan Jeep Wrangler, atau Rubicon.

Terpopuler: Mobil Pejabat Terkaya Versi LHKPN, Pemotor Emak-emak Berulah di Luar Negeri

Meski sudah memiliki banyak varian, namun jenama asal negeri paman sam itu tetap mencoba hal baru untuk mengembangkan mobil gagahnya tersebut. Salah satunya menghadirkan varian baru, yaitu Ford Bronco Raptor.

Bronco Raptor menjadi kasta tertinggi dengan mesin yang lebih buas. Melansir Paultan.org, Selasa 25 Januari 2022, SUV tersebut dipersenjatai mesin bensin EcoBoost enam silinder atau V6 berkapasitas 3.000cc.

Penumpang Mobil Berpelat F Ini Dicari Netizen hingga Dikecam Ridwan Kamil

Ford Bronco edisi 2021

Photo :
  • Dok: Ford

Mesin barunya itu dapat menyemburkan tenaga maksimal hingga 400 dk, dan torsi 563 Nm. Lebih bertenaga dibandingkan varian sebelumnya dengan mesin 2.700cc twin-turbo V6 yang bertenaga 310 dk dan torsi 542 Nm.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Tenaga besarnya itu disalurkan melalui transmisi matik 10-percepatan, dilengkapi paddle shifter untuk pengoperasian manual. Berpenggerak empat roda atau 4x4 dengan menyesuaikan rasio di dalamnya yang memiliki tiga pengaturan.

Pilihan traksi yang dihasilkan dari keempat rodanya itu menyesuikan medan jalan, terhubung dengan sistem yang disebut GOAT (Goaes Over Any Type of Terrain), dan terintegrasi dengan beebrapa pilihan gaya berkendara.

Yang menarik selain memiliki tenaga lebih besar, Ford memberikan empat suara berbeda-beda untuk saluran pembuangan alias knalpot, yakni normal, sport, quiet, dan baja. Sehingga memberikan sensasi berbeda bagi penggunanya ketika di jalan.

Dapur pacu dengan kapasitas lebih besar tersebut didukung dengan penyesuaikan komponen di dalamnya agar mesin bekerja maksimal, meski cuaca panas. Salah satunya menyuntikan sistem pendingin dan induksi udara.

Selain ubahan di mesin, Ford Bronco Raptor 3.0 juga mengalami perubahan pada desain bodi, dan dimensinya lebih bongsor. Pada sektor kaki-kaki dibekali pelek 17 inci dibalut ban dual purpose lansiran BFGoodrick K02.

Meski di negara asalnya Bronco memiliki banyak varian dengan beberapa pilihan mesin. Namun yang akan masuk ke pasar Indonesia adalah tipe terendah dengan mesin 2.000cc, dan hanya ditawarkan satu varian.

Sinyal mobil asal Amerika Serikat itu akan meramaikan industri otomotif Tanah Air tercatat dalam situs Samsat DKI Jakarta yang dikutip Viva Otomotif, Selasa 25 Januari 2022. Harga dasar Ford Bronco 2.0L sebesar Rp735 juta.

Mengingat mobil gagah tersebut statusnya impor dalam bentuk utuh, artinya saat resmi dijual ke pasar harganya bisa dua kali lipat dari NJKB. Sebab belum termasuk pajak, administrasi, PPnBM, bea balik nama dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya