Pakai Mesin BMW, Mobil Terbang Ini Bakal Dijual Umum

Mobil terbang AirCar
Mobil terbang AirCar
Sumber :
  • AirCar

VIVA – Salah satu anggapan orang tentang dunia otomotif di masa depan, yakni kendaraan tidak lagi menapak di jalan raya melainkan bisa terbang layaknya pesawat.

Hal itu sudah banyak ditampilkan di beberapa film fiksi ilmiah, ada mobil yang hanya melayang di atas aspal tapi ada juga yang bisa melesat ke angkasa.

Jika dahulu mobil terbang hanya sebatas impian, tidak demikian dengan saat ini. Ada beberapa perusahaan yang berusaha mewujudkannya, dan sebagian kecil sudah dalam tahap yang cukup jauh.

Salah satu contohnya yakni perusahaan Klein Vision, yang mengembangkan mobil terbang dan diberi nama AirCar. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Autoexpress, Rabu 26 Januari 2022, kendaraan masa depan tersebut statusnya saat ini sudah berhasil mendapatkan sertifikat laik terbang.

Mobil terbang AirCar

Mobil terbang AirCar

Photo :
  • AirCar

Sertifikat itu dikeluarkan oleh departemen transportasi Slowakia, negara yang menjadi basis dari perusahaan tersebut. Dengan adanya izin itu, maka AirCar disebut bisa secara resmi digunakan untuk melakukan perjalanan di udara.

Untuk bisa mendapatkan sertifikat itu, AirCar diharuskan mencatat lebih dari 70 jam terbang dan 200 kali melakukan lepas landas maupun mendarat tanpa ada masalah.