Mobil Baru Toyota Ini Lebih Gagah, dan Buas Dibandingkan Fortuner

Toyota Sequoia
Toyota Sequoia
Sumber :
  • Car and Driver

VIVA – Salah satu cara pabrikan kendaraan menghemat ongkos produksi adalah memanfaatkan satu platfrom untuk dikembangkan menjadi beberapa model. Cara itu dilakukan oleh sejumlah brand yang ada di dunia.

Seperti halnya Toyota di pasar Indonesia, ada beberapa produk yang dibuat dengan memanfaatkan satu rancang bangun. Salah satunya Hilux yang dikembangkan menjadi Fortuner dengan spesifikasi mesin, dan sasis yang serupa.

Toyota Fortuner dilahirkan sebagai SUV, atau Sport Utility Vehicle yang menggunakan lader frame. Dapur pacunya ditawarkan dalam beberapa varian, yakni diesel 2.400cc dan 2.800cc, serta bensin 2.700cc yang didukung penggerak empat roda, dan dua roda.

Toyota Tundra 2022

Toyota Tundra 2022

Photo :
  • Car and Driver

Mobil SUV tujuh penumpang tersebut mengisi ceruk pasar menengah atas, atau menjadi pesaing Mitsubishi Pajero Sport.

Selain Fortuner, Toyota juga mengembangkan SUV lainnya yang lebih gagah, dan buas meski mengandalkan platform mobil pikap, atau double kabin. Mobil tersebut adalah Toyota Sequoia yang basiknya dibangun dari All New Tundra untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

Melansir Car and Driver, seperti dikutip Viva Otomotif, Kamis 27 Januari 2022, Amerika Serikat menjadi negara pertama yang meluncurkan Toyota Sequoia. Mobil gagah tersebut mengandalkan platform TNGA-F (Toyota New Global Architecture) dan akan diproduksi di San Antonio, Texas.