Mobil Baru Toyota Ini Lebih Gagah, dan Buas Dibandingkan Fortuner

Toyota Sequoia
Sumber :
  • Car and Driver

VIVA – Salah satu cara pabrikan kendaraan menghemat ongkos produksi adalah memanfaatkan satu platfrom untuk dikembangkan menjadi beberapa model. Cara itu dilakukan oleh sejumlah brand yang ada di dunia.

Terungkap, Ini Identitas Pemilik Fortuner Arogan Pelat TNI yang Ngaku Adik Jenderal

Seperti halnya Toyota di pasar Indonesia, ada beberapa produk yang dibuat dengan memanfaatkan satu rancang bangun. Salah satunya Hilux yang dikembangkan menjadi Fortuner dengan spesifikasi mesin, dan sasis yang serupa.

Toyota Fortuner dilahirkan sebagai SUV, atau Sport Utility Vehicle yang menggunakan lader frame. Dapur pacunya ditawarkan dalam beberapa varian, yakni diesel 2.400cc dan 2.800cc, serta bensin 2.700cc yang didukung penggerak empat roda, dan dua roda.

Jemaah Salat Id Bubar, Respons Mabes TNI soal Pengendara Fortuner Ngaku Adik Jenderal

Toyota Tundra 2022

Photo :
  • Car and Driver

Mobil SUV tujuh penumpang tersebut mengisi ceruk pasar menengah atas, atau menjadi pesaing Mitsubishi Pajero Sport.

Respons Mabes TNI soal Viral Pengemudi Fortuner Cekcok di Tol Ngaku Adik Jenderal

Selain Fortuner, Toyota juga mengembangkan SUV lainnya yang lebih gagah, dan buas meski mengandalkan platform mobil pikap, atau double kabin. Mobil tersebut adalah Toyota Sequoia yang basiknya dibangun dari All New Tundra untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

Melansir Car and Driver, seperti dikutip Viva Otomotif, Kamis 27 Januari 2022, Amerika Serikat menjadi negara pertama yang meluncurkan Toyota Sequoia. Mobil gagah tersebut mengandalkan platform TNGA-F (Toyota New Global Architecture) dan akan diproduksi di San Antonio, Texas.

Serupa dengan Tundra, mobil SUV 7-penumpang itu tersedia varian hybrid mengandalkan baterai berbahan metal nikel 1,5 kWh, dikawinkan dengan mesin enam silinder V6 berkapasitas 3.400cc yang disebut iForce Max. Tenaga maksimalnya tembus 437 dk di 5.200 rpm, dan torsi 790,4 Nm di 2.400 rpm. 

Tenaga besarnya disalurkan melalui transmisi matik 10-percepatan. Untuk sistem hiburannya terbilang canggih, head unit layar sentuh berukuran 14 inci didukung sistem Apple CarPlay, dan Android Auto.

Untuk menghubungkan smartphone ke head unit bisa dilakukan dengan perintah suara, hanya dengan menyebut ‘Hei Toyota’ di awal. Sedangkan panel instrumen sebagai informasi kecepatan, putaran mesin dan lain-lainnya berukuran 12,3 inci.

Belum ada harga resmi yang dirilis Toyota saat memperkenalkan mobil SUV tersebut, namun menurut beberapa media luar banderolnya akan dimulai 50 ribu dolar atau setara Rp780 jutaan, sampai 70 ribu dolar atau Rp1 miliaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya