Serius di Indonesia, Chery Pastikan Bangun Pabrik di Cikarang

Chery Tiggo 7 Pro Meluncur di Jakarta.
Chery Tiggo 7 Pro Meluncur di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Septian Farhan Nurhuda

VIVA – Setelah sempat menghilang hampir 10 tahun, pabrikan mobil asal China, Chery akhirnya kembali meramaikan pasar roda empat di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, untuk meyakinkan konsumen di Tanah Air, mereka berencana membangun pabrik perakitan di Cikarang, Jawa Barat.

GM Marketing PT Chery Motor Indonesia (CMI), Rifkie Setiawan mengatakan, pihaknya ingin mengembalikan kepercayaan konsumen yang sempat hilang sejak beberapa tahun terakhir. Itulah mengapa, membangun pabrik perakitan merupakan langkah awal yang tengah mereka siapkan.

“Kami memang sudah berencana membangun pabrik, itu kurang lebih membutuhkan waktu dua tahun. Kita juga sudah koordinasi dengan pemerintahan dan mereka sudah memberikan arahan dan rekomendasi tempat di kawasan Cikarang,” ujar Rifkie Setiawan di Jakarta Pusat, dikutip VIVA Otomotif, Jumat 28 Januari 2022.

Chery Tiggo Meluncur di Jakarta, Januari 2022.

Chery Tiggo Meluncur di Jakarta, Januari 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id / Septian Farhan Nurhuda

Sambil menunggu berdirinya pabrik yang masih lama, untuk sementara waktu, Chery akan bekerja sama dengan pabrik perakitan lokal untuk memproduksi unit kendaraan di Indonesia.

“Selama dua tahun ke depan, untuk memanfaatkan waktu, kita kan gak mungkin hanya nunggu. Dalam masa tersebut, kita akan bekerja sama dengan assembling lokal, PT Handal Indonesia yang lokasinya ada di Bekasi,” tuturnya.

Interior Chery Tiggo.

Interior Chery Tiggo.

Photo :
  • VIVA.co.id / Septian Farhan Nurhuda

Bukan hanya pabrik perakitan, keseriusan Chery juga dibuktikan dengan niat membangun jaringan atau diler di sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan, proses tersebut sudah berjalan sejak pertama kali mereka mengumumkan akan kembali ke pasar roda empat Tanah Air.

“Sepanjang tahun ini, kami berencana akan meresmikan 70 network atau jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata dia.

Diketahui, PT Chery Motor Indonesia sendiri sudah memiliki satu produk kendaraan di Indonesia, yakni Chery Tiggo. Kendaraan berjenis SUV tersebut baru saja dikenalkan per Januari 2022. Namun, konsumen yang ingin memesannya harus menunggu hingga tiga atau empat bulan lagi.