Mobil Canggih Mirip Innova Mulai Dikirim ke Konsumen

Mobil listrik BYD e6 versi MPV.
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Toyota Innova menjadi salah satu mobil multi purpose vehicle atau MPV, yang banyak disukai tidak hanya di Indonesia namun juga di India.

Terpopuler: Daftar Pajak Tahunan Toyota Fortuner, Duel Yamaha Nmax vs Honda PCX Bekas

Kendaraan ini memiliki kabin yang luas, suspensi nyaman serta bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Mesinnya juga tersedia dalam pilihan bensin maupun diesel, sehingga konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan.

Sampai saat ini, Toyota belum memiliki rencana untuk menghadirkan Innova dalam versi hybrid atau mobil listrik. Namun, ada model buatan merek lain yang sudah lebih dulu dipasarkan di India.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 18 April 2024

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Sabtu 29 Januari 2022, mobil yang dimaksud adalah BYD E6 versi MPV. Perusahaan asal China tersebut sudah ada di Negeri Hindustan sejak 2007, tapi selama ini mereka hanya menjual sasis bus.

Pada November tahun lalu, BYD yang merupakan singkatan dari Build Your Dream mulai berani menawarkan mobil penumpang berbasis listrik di India. Untuk tahap awal, mereka menerapkan sistem penjualan fleet atau armada untuk perusahaan.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Pengiriman unit mobil BYD e6 ke konsumen.

Photo :
  • Cartoq

Sudah ada beberapa diler yang dibangun BYD di India, di mana para pemilik usaha dapat datang untuk melakukan pemesanan mobil berkapasitas lima orang itu. Pada akhir bulan ini, pengiriman perdana ke konsumen mulai dilakukan dan ada sekitar 30 unit yang telah dipesan.

BYD e6 versi MPV memiliki desain mirip dengan Innova, terutama di bagian eksteriornya. Lekukannya dibuat aerodinamis, dan bagian atap mendapatkan warna berbeda dengan bodi.

Perbedaan dengan Innova ada di bagian kabin, di mana e6 hanya bisa memuat lima orang saja. Jantung pacunya mengandalkan motor listrik berkekuatan 95 daya kuda serta torsi 180 Newton meter.

Disandingkan dengan baterai berkapasitas 71,7 kilo Watt hours, mobil ini dapat menempuh jarak 520 kilometer sebelum harus diisi ulang daya listriknya. Jika memakai sistem pengisian cepat, maka dari 30 persen ke 80 persen hanya butuh waktu 35 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya