Bukan Pesaing Avanza, Mobil Ini Akan Menjegal Kijang Innova di RI

KIA Carens edisi 2021
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Segmen Multi Purpose Vehicle, atau MPV masih menjadi penyumbang terbesar penjualan mobil di Indonesia. Memiliki kapasitas tujuh penumpang, dan bagasi luas, mobil jenis itu sesuai kebutuhan masyarakat.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Tidak heran jika produsen mobil di Tanah Air berlomba-lomba bermain di ceruk pasar yang sama untuk mendongkrak penjualannya. Salah satunya PT Kreta Indo Artha (KIA) yang akan meluncurkan produk MPV di tahun ini.

Mobil yang dimaksud adalah All New Carens yang sudah meluncur di India. Mengkombinasikan unsur MPV dan crossover, membuat penampilan mobil tersebut berbah total menjadi lebih gagah dan elegan dari versi sebelumnya.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

KIA Carens 2022 dipasarkan di India

Photo :
  • Cartoq

Carens model lawas sempat di pasarkan di Indonesia, namun saat PT Kia Motor Indonesia gulung tikar alias bangkrut, mobil tersebut tidak lagi dijual.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Kini melalui Indomobil Group sebagai induk perusahaan PT KIA, mobil yang secara segmen di bawah Kia Grand Carnival itu akan kembali mengaspal dengan model terbaru. Lantas siapa pesaing yang tepat?

Menurut salah satu tenaga penjual diler Nissan-Kia di Jakarta yang enggan disebutkan namanya, peluncuran Carens akan dilakukan pada pertengahan tahun ini. Terkait harganya belum ada pengumuman resmi.

“Saya sih dapat bocoran sekitar Rp300-400 juta,” ujarnya saat dikonfirmasi Viva Otomotif, Sabtu 5 Februari 2022.

Artinya mobil terbaru asal negeri gingseng tersebut lebih tepat menjadi calon pesaing Toyota Kijang Innova. Berkaca dari prediksi harga tersebut, banderolnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan All New Avanza-Veloz.

Namun soal dapur pacunya, Kia Carens dipersenjatai mesin yang lebih kecil, yakni 1.400cc bensin yang dilengkapi turbo, dan 1.500cc CRDi atau diesel. Sedangkan Kijang Innova mesin diesel 2.400cc yang serupa dengan Fortuner.

Mengutip Motor1, mobil keluarga andalan Kia itu memiliki dimensi panjang 4.540 mili meter, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.700 mm, dengan jarak sumbu roda 2.780 mm atau lebih lanjang 30 mm dari generasi sebelumnya.

Untuk perubahan interiornya menegaskan bahwa mobil tersebut mengincar segmen menengah, karena tampak mewah dengan balutan semi kulit pada bagian dashboard, door trim, dan joknya. Untuk kursi baris kedua model captain seat.

Dilengkapi sistem hiburan dengan layar sentuh 10,25 inci model floating. Menariknya nuansa di kabin bisa berubah melalui pilihan lampu ambient LED hingga 64 warna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya