Mobil Gubernur Kalimantan Utara Lebih Mewah dari AKP Novandi

Toyota Camry baru.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA – AKP Novandi Arya Kharizma tewas akibat kecelakaan Toyota Camry di Jalan Raya Pasar Senen, Jakarta Pusat. Mobil yang digunakan putra Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang itu terbakar saat kecelakaan.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Novandi yang mememiliki jabatan terakhir sebagai Kasat Polariud, Polres Berau tersebut meninggal bersama kekasihnya yang merupakan kader dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Banjarmasin, Fatimah.

Pada Selasa 8 Februari 2022 sore kemarin, AKP Novandi dimakamkan di TPU Jagakarsa, Jakarta Selatan secara militer. Seperti yang disampaikan salah satu anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Norhayati Andris.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

“Jenazah sudah dimakamkan, kondisi ibu gubernur sangat terpukul sekali,” ujar Norhayati Andris, dikutip dari Antara, Rabu 9 Februari 2022.

Mobil Camry hangus terbakar di Senen.

Photo :
  • youtube
Soal Kasus Penabrakan, Teuku Rifnu Wikana dan Keluarga Pilih Jalur Damai

Seperti diketahui, ayah dari polisi perwira pertama tingkat tiga itu merupakan sosok berpengaruh, dan mampu menarik suara warga hingga terpilih menjadi Gubernur Kaltara sejak Februari 2021 hingga lima tahun ke depan.

Zainal Arifin Paliwang juga salah satu pejabat yang tergolong tajir atau kaya raya. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dikutip VIVA Otomotif, kekayaannya saat mencalonkan gubernur pada 2020 mencapai Rp37,240 miliar.

Dari angka tersebut, tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa daerah menjadi penyumbang terbesar, secara total nilainya Rp36,359 miliar. Sementara untuk koleksi kendaraan pribadinya hanya disisihkan Rp662 juta.

Terdiri dari dua unit mobil, yakni Toyota Fortuner lansiran 2005 seharga Rp200 juta, dan Toyota Camry buatan 2017 yang ditaksir Rp450 juta. Selain itu ada satu unit sepeda motor Yamaha Mio 2013 yang merupakan hadiah.

Jika berkaca dari mobil termahalnya, Camry tersebut adalah model terbaru atau generasi ketujuh yang memiliki desain lebih moderen dan elegan. Ditawarakan dalam tiga varian, yakni LE, XLE, dan versi ramah lingkungan alias hybrid.

Untuk dapur pacunya menggendong mesin bensin 2.500cc Dual VVT-i yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 178 dk.

Berdasarkan platform jual beli online, sedan yang sempat menjadi tunggangan para menteri dari anggota DPR RI itu dalam kondisi bekasnya saat ini hanya Rp250-300 jutaan.

Artinya, ayah dan anak sama-sama penggemar Toyota Camry, meskipun mobil yang digunakan almarhum AKP Novianto saat kecelakaan lebih lawas, karena diproduksi pada sekitar 2002-2003. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya