Gegara Teknologi Mobil China Bikin Panas Toyota dan Hyundai di RI

Interior Wuling Almaz RS
Sumber :
  • Dok: Wuling

VIVA – Pesatnya pertumbuhan teknologi mengubah industri otomotif menjadi lebih canggih. Bukan hanya dari proses produksi, kendaraan yang dipasarkan saat ini memiliki fitur-fitur yang moderen dibandingkan sebelumnya.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Hal itu bisa terlihat dari beberapa mobil keluaran terbaru yang hadir di Indonesia. Wuling menjadi salah satu brand pertama di dalam negeri yang menyematkan teknologi canggih untuk produk terbarunya, yakni Almaz RS.

Wuling Almaz RS

Photo :
  • Dok: Wuling
Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Resmi diluncurkan pada Maret 2021, Almaz RS disematkan Wuling Interconnected Ecosystem, atau WISE yang dapat menghubungkan mobil China itu dengan smartphone melalui internet dari aplikasi My Wuling+, atau Bluetooth.

Dikutip VIVA Otomotif Rabu 10 Februari 2022, App Operation Wuling Motors, Dimas Agus sempat mengatakan, melalui jaringan internet pemilik mobil dapat membuka kunci, menyalakan mesin atau menghidupkan AC jarak jauh hanya dengan sentuhan jari di layar smartphone.

Tampil Stylish dan Nyaman di Momen Ramadhan, ALDO Luncurkan Koleksi dengan Teknologi Pillow Walk

Bukan hanya itu, fitur tersebut juga memberikan keamanan pada konsumen diantaranya dengan geo-fencing atau pagar elektronik. Sehingga saat mobil keluar dari area yang ditentukan akan muncul pemberitahuan di handphone.

Selain itu pemilik bisa melihat posisi mobil terakhir di parkir dari aplikasi tersebut. Jika dihubungkan dengan head unit, tentu jaringan internet itu dapat mengakses musik secara online, membalas pesan singkat hingga navigasi.

Setelah Sport Utility Vehicle atau SUV Wuling itu hadir, beberapa produsen dari merek lain pun terpancing menghadirkan teknologi sejenis namun dengan nama berbeda.

Seperti di Hyundai Creta, mobil buatan Cikarang, Jawa Barat tersebut disematkan fitur konektivitas yang diberinama Bluelink. Serupa dengan WISE, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi saat mobil terhubung ke smartphone.

Hyundai Creta

Photo :
  • Jeffry

Melalui Bluelink, pengguna SUV kompak itu bisa mengetahui posisi mobil terakhir di parkir, menyalakan AC, mesin, menutup pintu dari jarak jauh, membuat pagar elektronik, membatasi kecepatan mobil saat dipinjam orang lain, dan masih banyak lagi.

Bedanya, teknologi di Hyundai Creta itu terhubung dengan layanan darurat di mana pengguna bisa meminta bantuan saat mobil mengalami kendala di jalan. Selain itu, secara otomatis call center dapat menghubungi pengguna ketika terjadi kecelakaan untuk mendatangkan ambulans, polisi atau pertolongan lainnya.

Fitur-fitur itu juga serupa dengan T Intouch yang tersemat pada All New Avanza dan All New Veloz. Mobil yang pertama kali dirilis pada November 2021 itu juga dapat terhubung dengan smartphone melalui aplikasi mToyota.

Toyota All New Avanza dan All New Veloz.

Photo :
  • Dok: TAM

Di dalam aplikasi tersebut pengguna Avanza-Veloz bisa melihat waktu terakhir kali mobil diparkir, status mesin hidup atau mati, jarak tempuh di odometer, waktu yang tepat melakukan perawatan, pagar elektronik, dan fitur bantuan saat keadaan darurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya