Beli Mobil Ini Siap-siap Dapat Transferan Uang

New Daihatsu Sigra diuji jalan di Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Saat membeli mobil, konsumen harus membayar uang sesuai dengan harga ke pihak diler. Prosesnya bisa memberikan langsung secara tunai, atau melalui transfer bank.

Neta L Resmi Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Namun, ada beberapa mobil yang jika dibeli nantinya konsumen memiliki kemungkinan untuk mendapatkan transferan balik dari pihak diler. Mengapa bisa begitu?

Uang transferan dari pihak diler itu merupakan kelebihan pembayaran konsumen, karena kendaraan yang mereka beli mendapatkan insentif berupa pajak barang mewah atau PPnBM Ditanggung Pemerintah periode tahun ini, sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 5 tahun 2022.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Marketing Director merangkap Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan bahwa pihaknya sudah mendaftarkan puluhan tipe mobil buatan mereka untuk mendapatkan insentif tersebut.

Daihatsu Ayla di GIIAS 2021.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

“Semoga apa yang kami daftarkan akan mendapatkan replay. Jadi, bisa lebih jelas bahwa semua yang sudah kami daftarkan itu mendapat persetujuan atau tidak,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Senin 14 Februari 2022.

Apabila daftar tersebut resmi sudah diterbitkan oleh Kementerian Perindustrian, wanita yang akrab disapa Amel itu menuturkan bahwa konsumen yang sudah melakukan pembelian bakal mendapatkan refund, yang besarannya sesuai dengan skema dari pemerintah.

“Kalau nanti aturannya keluar dan permintaan kami disetujui, tentu kami refund. Tidak akan kami tahan-tahan atau dipakai untuk keuntungan Daihatsu, itu kan hak konsumen,” tuturnya.

Marketing Product Planning Division Head ADM, Budi Mahendra mengatakan bahwa mereka sudah mengajukan lima model kendaraan low cost green car atau LCGC untuk mendapatkan insentif tersebut.

“Produk LCGC kami daftarkan 100 persen, baik Ayla maupun Sigra karena keduanya masuk dalam ketentuan. Ayla ada 12 varian, sementara Sigra 10 varian. Jadi, totalnya 22 varian,” ungkapnya.

Sementara untuk mobil di luar kategori LCGC, Budi menjelaskan bahwa ADM mendaftarkan tiga model dengan jumlah 29 varian atau 51 persen dari total semua varian yang ada. Mobil yang dimaksud adalah Rocky, Terios dan Xenia.

“All New Xenia totalnya 21 varian, kami ajukan 15 yang terdiri dari 11 varian 1.300cc dan empat varian 1.500cc,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya