Seperti Xpander, Toyota Diam-diam Siapkan All New Veloz Cross

All New Veloz Cross
All New Veloz Cross
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – Secara global mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle sedang digandrumi. Tidak heran jika pabrikan gencar membuat produk sejenis dengan spesifikasi, dan desain berbeda-beda, namun secara harga saling bersaing.

Mengingat mobil berpenampilan gagah menjadi trend, maka beberapa brand menyematkan unsur SUV pada produk jenis lain. Diantaranya Mitsubishi Xpander Cross yang terlahir dari medium MPV atau Multi Purpose Vehicle.

Penggunaan nama Cross yang dimaksud mengacu apda crossover, dengan harapan mobil keluarga tujuh penumpang tersebut memiliki ketangguhan layiknya SUV.

Toyota All New Veloz.

Toyota All New Veloz.

Photo :
  • Dok: TAM

Selain Mitsubishi, ternyata Toyota diam-diam melakukan hal yang sama. Diterapkan pada MPV andalannya, namun bukan untuk pasar Indonesia.

Berdasarkan postingan Instagram @indra_fathan, All New Veloz Cross sudah mendarat di Vietnam, namun sebelum resmi diluncurkan ke publik, saudara kansung Avanza itu kepergok kamera di suatu lahan parkir.

Veloz terbaru dengan embel-embel Cross di belakang namanya itu ditawarkan dua varian dengan pelek ukuran 16 inci dan sistem hiburan atau head unit delapan inci, dan pelek 17 inci sebagian varian teratas memiliki head unit sembilan inci.

Toyota Veloz generasi terbaru memiliki wajah yang lebih moderen dengan grill jaring-jaring berukuran besar, serasi dengan lekukan bumper yang tegas dan diffuser. Banyak lekukan tajam pada cover foglamp, dan aksen krom.

Lampu utamanya sipit seperti Raize dengan sumber pencahayaan LED, terdapat list krom yang mengalir mengikuti headlamp, dan kap mesin. Ubahan pada sektor samping meliputi pilar A, sampai pilar D dengan lekukan dinamis. 

Begitu juga desain pintu, dan jendelanya yang dibuat agak mirip Rush. Kesan gagah, dan berotot didapat dari lekukan over fender tanpa bahan plastik tambahan.

Dimensi lebih besar dari Avanza baru dengan panjang 4.475 mili meter, lebar 1.750 mm, dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Ground clearance juga lebih tinggi berkat penggunaan pelek 17 inci dibalut ban 205/50 depan dan belakang. 

Untuk keamanan dan mempermudah pengemudi Veloz dilengkapi TSS atau Toyota Safety Sense yang didalamnya bersarang sejumlah fitur canggih. Mesinnya berkapasitas 1.500cc dengan penggerak roda depan, dan transmisi matik CVT.