Toyota Buka Suara soal Desain Kijang Hybrid

Perakitan mobil Toyota Kijang Innova di pabrik TMMIN.
Perakitan mobil Toyota Kijang Innova di pabrik TMMIN.
Sumber :
  • Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

VIVA – Saat menghadiri acara ekspor perdana mobil Toyota buatan Indonesia ke Australia, ada satu pernyataan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita yang mengejutkan. Yakni, terkait kehadiran Kijang Hybrid.

Isu mengenai rencana untuk memproduksi kendaraan yang menggunakan kombinasi mesin konvensional dan motor listrik itu, memang sudah lama diungkapkan langsung oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Namun, mereka belum menyebutkan modelnya.

“Guna mendukung program percepatan elektrifikasi kendaraan sesuai dengan arahan pemerintah, Toyota berkomitmen memproduksinya, yang akan diawali oleh Kijang Hybrid,” ujar Menperin beberapa hari lalu.

Pada peluncuran Toyota Voxy terbaru yang baru saja dilakukan, PT Toyota-Astra Motor belum mau memberikan informasi detail mengenai kehadiran model legendaris tersebut.

New Kijang Innova

New Kijang Innova

Photo :
  • screenshot Youtube

Meski demikian, Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy menuturkan bahwa platform yang akan digunakan oleh Kijang Hybrid bisa saja berbeda dari kendaraan canggih Toyota lain yang mengusung konsep serupa.

Diketahui, saat ini sebagian besar mobil hybrid mereka sudah memakai rancang bangun Toyota New Global Architecture atau TNGA.