Mobil Buatan Banten Laku Keras di Luar Negeri

Pabrik mobil DFSK di Cikande, Serang, Banten.
Sumber :
  • Dok: DFSK

VIVA – Pada tahun lalu, industri mobil Indonesia mengalami pertumbuhan paling tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, unit yang diproduksi juga banyak dikapalkan ke luar negeri.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Selain DKI Jakarta dan Bekasi, Banten juga menjadi salah satu lokasi yang dipilih untuk merakit kendaraan bermotor roda empat. Baik yang jenisnya mobil penumpang, maupun komersial untuk keperluan bisnis.

Merek yang menjalankan aktivitas mereka di Cikande, Serang adalah PT Sokonindo Automobile, yang menaungi merek Dongfeng Sokon alias DFSK. Fasilitas itu juga dimanfaatkan memproduksi kendaraan guna keperluan ekspor. Saat ini, mereka telah mengirim mobil ke 14 negara di seluruh dunia.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Awalnya pabrik itu hanya merakit kendaraan jenis pikap untuk keperluan komersial saja, namun kini ada juga sport utility vehicle atau SUV yang diproduksi di tempat tersebut dengan total kapasitas 50 ribu unit per tahun.

Pabrik mobil DFSK di Cikande, Serang, Banten.

Photo :
  • Dok: DFSK
Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Berdiri di atas lahan seluas 20 hektare, pabrik DFSK yang beroperasi sejak 2017 itu sudah menerapkan teknologi standar industri 4.0 dan Flexible Manufacturing System atau FMS, di mana 65 persen pekerjanya adalah robot.

Public Relations and Media Manager Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi mengatakan bahwa sepanjang 2021 DFSK berhasil mengirimkan 2.142 unit kendaraan. yang terdiri atas Super Cab, Glory 560, Glory i-Auto, dan Gelora.

Pencapaian ini membuat ekspor unit DFSK yang dikirim dalam kondisi utuh atau completely built up (CBU), meningkat hingga 96 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Pertumbuhan ekspor ini adalah bentuk penerimaan yang sangat baik oleh konsumen kami di berbagai negara, dan hal ini yang akan kami jaga selalu untuk menghadirkan kendaraan-kendaraan dengan kualitas tertinggi,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 19 Februari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya