Cuma Daihatsu Terios yang Dapat Diskon PPnBM, Harga Rush Makin Mahal

All New Daihatsu Terios
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA –  Toyota dan Daihatsu menjadi brand aliansi yang sudah cukup lama menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air. Kedua jenama asal Jepang tersebut memasarkan produknya melalui Astra Group sebagai produsen.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

PT Toyota Astra Motor, dan PT Astra Daihatsu Motor memiliki banyak produk yang dilahirkan dari satu rahim, atau saling berbagi platform. Dimulai dari Avanza-Xenia yang meramaikan pasar Low MPV atau Multi Purpose Vehicle.

Kemudian Rush dan Terios di kelas Low SUV atau Sport Utility Vehicle, hingga segmen mobil harga terjangkau atau Low Cost Green Car dengan menelurkan Agya dan Ayla di pabrik yang sama, serta Calya dan Sigra.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Meski menggunakan satu platform dan memiliki spesifikasi serupa, namun mobil-mobil Toyota dan Daihatsu punya desain berbeda sesuai identitas masing-masing brand.

Bukan hanya itu, Toyota juga selalu menempatkan harga produknya lebih mahal dari Daihatsu baik di kelas LCGC, Low SUV, hingga Low MPV. Dengan perbedaan banderol tersebut, akhirnya Rush tersingkir dari kebijakan pemerintah.

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

Toyota Rush GR Sport.

Photo :
  • Dok: TAM

Pasalnya berdasdarkan Keputusan Menteri Perindustrian nomor 852 tahun 2022, Rush tidak masuk dalam kategori mobil yang menikmati  isentif PPnBM atau pajak penjualan atas barang mewah untuk tahun 2022.

Mengingat dalam Peraturan Kementerian Keuangan nomor 5 tahun 2022, mobil-mobil yang berhak mendapatkan isentif PPnBM sebesar 50 persen di kuartal pertama hanya yang memiliki harga Rp200-250 juta untuk kapasitas mesin sampai dengan 1.500cc.

Dengan begitu, Rush tidak masuk dalam regulasi tersebut karena untuk saat ini harga termurahnya sudah menyentuh angka Rp275 juta. Berbeda dengan Terios yang mendapatkan potongan pajak tersebut untuk empat tipe.

Saat dikonfirmasi alasan terkait Rush tidak mendapatkan potongan pajak dari pemerintah, Marketing Direktur PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menyebut karena terbentur harga, begitu juga dengan model lainnya.

“Ada price bracket kan,” ujarnya singkat kepada Viva Otomotif, Selasa 22 Februari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya