Mercedes-Benz Punya Sejarah Unik yang Jarang Diketahui Orang

Mobil-mobil Klasik buatan Mercedes-Benz.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Produsen mobil mewah asal Jerman, Mercedes-Benz telah berdiri lebih dari satu abad. Maka tak heran, mereka menjadi bagian dari nama besar di industri otomotif dunia.

Makin Memanas, Presiden Joe Biden Didesak Larang Mobil Listrik China Masuk Amerika

Berbagai sejarah penting dan unik telah diciptakan oleh dua pria bernama Karl Benz dan Gottlieb Daimler, yang bertekad membebaskan dunia dari transportasi bertenaga kuda.

Sepanjang sejarah mereka, ternyata ada beberapa prestasi yang sudah ditorehkan. Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Selasa 8 Maret 2022, pada 29 Januari 1886 mereka mempatenkan kendaraan dengan tenaga mesin gas.

Kasus Pria Ditemukan Tewas di Freezer Mobil Es Krim, Polisi: Diduga Terkunci dari Luar

Awalnya, kendaraan itu diberi nama Benz Patent Motor Car dengan nomer paten 37435, dan disebut sebagai akta kelahiran dari mobil pertamanya.

Mobil klasik Mercedes-Benz

Photo :
  • Carscoops
Suzuki Siapkan Mobil MPV Baru dengan Harga di Bawah Ertiga, Pakai Basis Spacia

Uniknya, mobil tersebut digunakan untuk menempuh perjalanan jauh oleh sang istri, Bertha Benz yang mengajak anaknya untuk pergi dari kota dari Mannheim ke Profzheim di Jerman, tanpa sepengetahuan sang suami, Karl Benz.

Sepanjang jalan, sang istri membersihkan karburator dan melakukan beberapa perbaikan. Keberanian tersebut yang memulai revolusi dalam mengubah dunia otomotif. Selain itu, keunikan lainnya yakni di 1921 mobil Mercedes-Benz menjadi kendaraan pertama yang dilengkapi dengan rem di keempat roda.

Diketahui, teknologi rem pada perusahaan otomotif tersebut terus berkembang dan berevolusi, dimulai dari rem hidrolik hingga teknologi PRE-SAFE brake di tahun 2009. Bahkan mereka juga mengklaim menjadi produsen mobil pertama yang menggunakan teknologi airbag.

Pada bulan desember 1980, mereka merilis tipe S-Class model 126 yang menjadi mobil dilengkapi dengan kantung udara di kursi pengemudi. Teknologi ini diperkenalkan ke masyarakat umum di Amsterdam International Motor Show.

Prestasi selanjutnya, yaitu ternyata mobil otonom pertama kali diperkenalkan oleh Mercedes-Benz pada tahun 90-an. Mereka mengeluarkan tipe S-Class yang telah memiliki teknologi tersebut, dan berhasil melakukan perjalanan sejauh 1.600 kilometer.

Sebagai tambahan informasi, bahwa merek mobil mewah ini juga secara tak langsung telah membentuk tren desain kendaraan roda empat yang berlaku sampai saat ini.

Berawal tahun 1930-an, mereka memproduksi mobil degan garis luwes, mengalir, dengan elemen membulat. Lantas, model ini dianggap objek kesempurnaan dan keindahan di dunia otomotif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya