Harga Penantang Avanza yang Hadir Besok di RI Setara Veloz?

KIA Carens 2022 dipasarkan di India
Sumber :
  • Dok: KIA

VIVA – Pameran Jakarta Auto Week atau JAW 2022 akan dibuka secara resmi besok, Sabtu 12 Maret di Jakarta Convention Center, Senayan. Acara ini dimeriahkan oleh 13 agen pemegang merek yang ada di Indonesia.

Kendaraan Niaga Berkepala Dua Bukan Sesuatu yang Mustahil

Meski konsep yang diusung adalah untuk berjualan, namun ada juga pabrikan otomotif yang memanfaatkan momen tersebut untuk menghadirkan produk baru. Salah satunya yakni KIA, yang mengaku bakal membuka selubung mobil Multi Purpose Vehicle atau MPV.

Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, Andrew Nasuri mengatakan bahwa kendaraan baru tersebut adalah generasi terbaru dari KIA Carens, yang belum lama ini resmi dipasarkan di India.

Gak Ada Takutnya, Maling Curi Mobil Dinas Brimob Polda Papua saat Parkir di Bandara Sentani

“Kami perkenalkan KIA Carens di Indonesia, untuk menghadirkan segmen dan tolak ukur terbaru sebuah MPV keluarga tujuh penumpang modern dengan tampilan yang sporty, ruang kabin yang lapang serta berbagai fitur berteknologi tinggi,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Jumat 11 Maret 2022.

KIA Carens edisi 2021

Photo :
  • Cartoq
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 11 Mei 2024

Andrew mengaku, bahwa ajang JAW 2022 hanya bakal dijadikan sebagai perkenalan dari mobil yang dimensi dan spesifikasi mesinnya mirip Toyota Avanza itu.

“Kami yakin, KIA Carens dapat menghadirkan pengalaman istimewa bagi keluarga modern di Tanah Air baik dalam kegiatan sehari-hari maupun saat menikmati waktu bersama keluarga,” tuturnya.

Model yang dijual di India memiliki dimensi panjang 4.540 milimeter, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.708 mm. Ukuran tersebut sedikit lebih besar dari Avanza, yang panjangnya 4.395 mm, lebar 1.730 mm serta tinggi 1.665 mm.

Jantung pacu KIA Carens baru mengandalkan mesin bensin 1.400cc turbocharger, dengan kemampuan 140 daya kuda dan torsi 242 Newton meter. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis DCT tujuh percepatan.

Sayangnya, Andrew belum menyebutkan informasi terkait harga jual. Namun jika melihat banderol KIA Sonet yang diimpor dari India, ada selisih lebih dari Rp100 juta.

Artinya, KIA Carens yang di Negeri Hindustan ditawarkan mulai 900 ribu Rupee atau setara Rp168 jutaan berpotensi dijual di Tanah Air dengan label harga Rp300 jutaan, setara dengan banderol Toyota Veloz baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya