Jangan Kaget Lihat Koleksi Mobil Gubernur yang Melarang Gunakan Solar

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Penjualan solar bersubsidi di Provinsi Sumatera Utara dilarang, oleh Gubernur Edy Ramhayadi melalui surat edaran nomor 541/3268 tentang Pengendalian Pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) tertentu jenis solar.

Dalam surat edaran yang ditandatangani orang nomor satu di Sumut tersebut, dijelaskan bahwa kendaraan dinas milik instansi pemerintah, badan usaha milik negara, TNI, polri, dilarang menggunakan solar bersubsidi.

Truk BBM isi bahan bakar di SPBU

Truk BBM isi bahan bakar di SPBU

Photo :
  • Tangkapan layar

“Kecuali kendaraan untuk pelananan umum seperti ambulans, mobil jenazah, mobil pemadam kebakaran, dan mobil pengangkut sampah,” tulis surat edaran yang diterbitkan pad Rabu 23 Maret 2022 tersebut.

Bahan bakar subsidi yang digunakan mesin diesel tersebut juga dilarang untuk kendaraan pengangkut barang yang beroperasi di perkebunan, kehutanan, dan pertambangan. Lantas gimana dengan koleksi mobil Edy Rahmayadi?

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, dikutip VIVA Otomotif Kamis 24 Maret 2022, Gubernur Sumut tersebut hanya memiliki dua unit mobil. Kendaraan itu masuk dalam pundi-pundinya di 2019 lalu, secara total nilainya Rp23 miliaran.

Dari angka tersebut, mantan Kepala Staff TNI AD itu hanya memiliki dua unit Honda Jazz. Yang pertama lansiran 2011 seharga Rp140 juta, dan 2015 ditaksir Rp220 juta saat itu. Diketahui, mobil tersebut bukan dalam kategori bermesin diesel.