Begini Jika HP China Bikin Mobil Listrik

Mobil listrik Xiaomi
Sumber :

VIVA – Sebagai mobil masa depan, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memproduksi mobil listrik. Uniknya perusahaan tersebut tak hanya berasal dari perusahaan otomotif saja, tapi raksasa teknologi asal China yakni Xiaomi kabarnya akan memperkenalkan mobil listrik.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Tak tanggung-tanggung, kabarnya Xiaomi akan merilis empat model mobil listrik sekaligus dalam waktu dekat. Seperti dikutip VIVA Otomotif dari Electrive, Senin 28 Maret 2022, rencana Xiaomi akan merilis empat mobil listrik, dibocorkan oleh Juo Baojun, General Manager Xiaomi di Beijing dan Tianjin.

Menurut Kuo Baojun, Xiaomi berencana akan meluncurkan empat model kendaraan listrik untuk segmen yang berbeda. Segmen pertama, Xiaomi akan merilis dua model mobil listrik yang dipasarkan khusus untuk segmen kelas menengah.

Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran

Harganya pun disesuaikan, karena prediksinya mobil listrik tersebut, akan dijual dengan harga 150 ribu hingga 200 ribu yuan, atau jika dikonversi ke Rupiah nilainya sekitar Rp338 juta hingga Rp450 juta. 

Ilustrasi Mobil Listrik Xiaomi.

Photo :
  • The Verge.
Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Konon, kedua mobil listrik itu sudah mengusung sistem mengemudi otonom Level 2. Sedangkan segmen kedua, Xiaomi akan menjual mobil dengan bidikan pasar kelas menengah ke atas. Sehingga mobil listrik tersebut rencananya akan dijual dengan banderol mulai dari 200 ribu yuan sampai 300 ribu yuan atau sekitar Rp 450 juta hingga Rp 675 juta). 

Karena sasaran pasarnya berbeda, dan harganya lebih mahal sehingga kedua mobil listrik itu juga sudah mengusung sistem mengemudi otonom, namun tingkatnya lebih tinggi yakni di Level 3. Nah, rencananya perusahaan yang di Indonesia terkenal dengan produk handphone ini akan memperkenalkan mobil listrik ya pada kuartal ketiga di tahun 2022, sebagai mobil prototipe terlebih dahulu. 

Informasi tersebut membuat geger sejumlah masyarakat di China, sebab Xiaomi bergerak sangat cepat untuk memperkenalkan mobil listrik mereka. Belum lagi informasi soal mobil listrik juga diungkapkan oleh Lei Jun,CEO Xiaomi, yang memastikan pada tahun 2024 akan menjadi tahun bersejarah.

Pasalnya, Lei Jun mengatakan pengembangan kendaraan menjadi langkah baru dan menjadi satu kemajuan yang sangat baik bagi Xiaomi, bahkan saat ini perkembangan mobil listrik mereka jauh lebih cepat dari yang diperkirakan.

Lebih lanjut, Lei Jun mengungkapkan bahwa Xiaomi sudah mulai produksi mobil listrik mereka pada akhir tahun ini. Akan tetapi untuk jadwal launching-nya tidak berubah yang bakal diperkenalkan pada 2024, hal tersebut tidak lepas dari berbagai pengujian yang dilakukan Xiaomi untuk bisa memuluskan perjalanan mobil listrik mereka.

Xiaomi juga berencana akan membangun pabrik khusus mobil listrik yang berlokasi di Beijing, China. Pabrik tersebut akan dibangun dalam dua tahap, pada tahap pertama ditargetkan mampu memiliki kapasitas produksi sebanyak 150.000 unit mobil per tahun, kemudian di tahap kedua ditingkatkan lagi menjadi 300.000 unit mobil per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya