Cuma Pakai Mesin 1.500cc, Penantang Fortuner Lebih Kencang

Bocoran Nissan X-Trail baru
Sumber :
  • Alvolante

VIVA – Mesin menjadi salah satu faktor yang diperhatikan orang, saat membeli mobil. Contohnya, pada kendaraan Sport Utility Vehicle atau SUV seperti Toyota Fortuner menggunakan jantung pacu dengan kapasitas di atas 2.000cc.

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Hal itu disengaja, karena kendaraan tersebut sewaktu-waktu bisa digunakan untuk melintasi medan berat yang butuh tenaga besar.

Selain itu, bodinya juga relatif berat karena menggunakan rangka ladder frame yang lentur dan ideal untuk medan offroad.

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Namun, ada juga SUV yang dibekali mesin dengan kapasitas lebih kecil. Salah satu contohnya, Nissan X-Trail e-Power yang dikabarkan akan meluncur pada pertengahan tahun ini.

Bocoran Nissan X-Trail baru

Photo :
  • Alvolante
Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Autoexpress, Selasa 29 Maret 2022, mobil gagah itu merupakan generasi terbaru dari SUV andalan Nissan yang mendapat beberapa fitur baru.

Salah satunya yakni mesin, di mana pabrikan asal Jepang tersebut memutuskan untuk memakai konfigurasi tiga silinder dengan kapasitas 1.500cc.

Meski jauh di bawah Fortuner yang saat ini tersedia dalam pilihan mesin 2.700cc bensin, tapi tenaga yang dihasilkan X-Trail baru justru lebih besar. Sebab, penggerak utamanya adalah motor listrik karena mobil ini memakai sistem hybrid.

Di atas kertas, X-Trail memiliki kemampuan 184 daya kuda dan torsi 330 Newton meter, sementara Fortuner yang hanya mengandalkan mesin bensin cuma bisa mengeluarkan 162 dk dan torsi 242 Nm.

Adanya sistem e-Power membuat mesin di X-Trail baru hanya dipakai untuk mengisi ulang baterai saja, yang digunakan untuk memutar dinamo motor listrik.

Selain mesin, teknologi lain yang tidak kalah canggih di X-Trail e-Power yakni bisa mengisi ruang parkir hampir tanpa bantuan pengemudi. Nyaris semua kendali diatur oleh komputer ketika mode parkir diaktifkan, mulai dari pedal gas dan rem hingga setir. Pengemudi hanya perlu menunggu sampai sistem selesai bekerja.

Sistem ini bisa bekerja dalam berbagai situasi, seperti parkir paralel di sisi jalan hingga ruang sempit di lantai bawah pusat perbelanjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya