Punya Hyundai Ioniq 5 Gak Perlu Risau saat Listrik Rumah Padam

Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Saat ini perkembangan teknologi otomotif terus dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Salah satunya dari Hyundai, yang baru saja mengeluarkan Ioniq 5, mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia.

Terpopuler: Pak Ogah Tertabrak Mobil, Hyundai Baru Rp130 Jutaan di Diler

Uniknya, mobil ini memiliki fitur yang tak biasa dari mobil listrik lainnya yaitu V2L atau Vehicle to Load yang menjadikannya sebagai sumber listrik pendukung mobilitas pengguna, seperti dalam kegiatan outdoor atau saat aliran listrik rumah padam.

Assistant Manager of Product Planning PT Hyundai Motors Indonesia, Bonar Pakpahan menjelaskan bahwa fitur ini memiliki pasokan arus listrik tipe AC sebesar 3.600 Watt.

Mobil Baru Hyundai Rp130 Jutaan Sudah Bisa Dipesan di Diler

“Arus listrik tersebut dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat dipakai bersamaan, yaitu dari port bagian luar yang dapat difungsikan saat mobil dalam kondisi berhenti atau mati, atau dari port yang terletak di bagian dalam, tepatnya di bawah kursi baris kedua yang tetap bisa digunakan sekalipun mobil tengah dikendarai,” ujarnya di booth Hyundai IIMS 2022, dikutip VIVA Otomotif Senin 4 April 2022.

Demonstrasi fitur canggih Hyundai Ioniq 5

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur
Mobil Ini Laku 100 Ribu Unit dalam 3 Bulan

Fungsi dari fitur ini bisa mengirimkan aliran listrik yang diaplikasikan untuk mengisi daya perangkat bertenaga listrik apa pun, mulai dari sepeda listrik, skuter listrik, peralatan berkemah, hingga treadmill

“Perlu diketahui bahwa gunaan dari fitur V2L ini digunakan untuk kompenen elektronik maupun listrik. Namun, ada beberapa komponen yang tidak bisa dipasangkan oleh fitur ini, yaitu dengan tenaga lebih dari 16 Ampere, selain itu bisa,” tambah Bonar.

Bonar menunjukkan berbagai kebolehan dari fitur inovatif V2L dengan menyalurkan listrik ke perlengkapan elektronik di area seperti mesin penghalus biji kopi, mesin espresso, kulkas mini, hingga bahkan sebuah treadmill. Diketahui keseluruhan perangkat tersebut membutuhkan setidaknya daya listrik sebesar hingga 3.000 W.

“Kebutuhan daya listrik ini tentunya dapat dipenuhi dengan baik oleh fitur V2L, karena mampu menyuplai daya hingga 3.600 Watt atau 3,6 kW,” jelas Bonar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya