Mobil Masa Depan Buatan Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Toyota Kijang Innova EV
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Indonesia tidak hanya bisa membuat kendaraan dengan desain masa kini yang banyak digemari orang, namun juga merancang mobil masa depan. Salah satunya yakni yang dipamerkan di hari pertama ajang IIMS 2022, yaitu Toyota Kijang Innova EV Concept.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Model ikonik ini dihadirkan oleh PT Toyota-Astra Motor dengan penggerak listrik, sehingga tidak lagi menghasilkan emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan.

“Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia,” ujar Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto melalui keterangan resmi.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Dari luar, perbedaan dengan Innova biasa tampak pada bagian grille yang sengaja ditutup demi meningkatkan aerodinamika. Kemudian lubang pengisian bensin dimanfaatkan sebagai tempat soket pengisian daya listrik.

Toyota Innova EV.

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur
Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Masuk ke bagian dalam, akan terlihat kecanggihan dari mobil keluarga berkapasitas tujuh orang tersebut. Tuas transmisi konvensional digantikan dengan panel layar sentuh, yang umum dipasang di mobil listrik.

Sistem hiburannya menampilkan beragam informasi seputar status dari baterai dan motor penggerak, mulai dari kapasitas listrik yang masih tersedia hingga jarak tempuh tersisa.

Meski belum memasuki tahap komersial, namun PT Toyota-Astra Motor mengatakan bahwa Kijang Innova EV Concept telah melalui tahap quality and safety assurance serta standar Kementerian Perhubungan.

Model Innova tidak hanya menjadi favorit di Indonesia saja, namun juga beberapa negara lain seperti India. Kehadiran varian Electric Vehicle atau EV dari mobil ini, langsung mendapat sorotan media internasional.

EV Drive Control Toyota Kijang Innova EV Concept.

Photo :
  • Dok: TAM

Dari pantauan VIVA Otomotif pada Selasa 5 April 2022, beberapa media online di luar negeri memberitakan mobil canggih rancangan anak bangsa tersebut. Mulai dari Carscoops, Motorbeam hingga Gaadiwaadi.

Mereka membahas mulai dari desain eksteriornya, hingga fitur canggih yang ada di dalam kabin serta sistem penggerak listrik pada mobil Multi Purpose Vehicle atau MPV itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya