Ada Mobil Sarat Fitur Canggih di IIMS 2022

Wuling Almaz RS di IIMS 2022
Sumber :
  • Dok: Wuling Motors

VIVA – Pameran IIMS 2022 tidak sekadar ajang bagi para produsen otomotif untuk menjual produk terbaru mereka. Beragam teknologi canggih yang dibuat demi menunjang keselamatan di jalan raya, juga dihadirkan dalam perhelatan itu.

BMW X3 Generasi Terbaru Segera Meluncur, Ini Perbedaan dengan Sebelumnya

Salah satunya seperti yang tampak di booth Wuling Motors, yang mengusung tema Experience The Next Innovation. Mereka memamerkan beragam inovasi terkini kendaraan, termasuk fitur Advanced Driver Assistance System atau ADAS yang disematkan pada SUV Wuling Almaz RS.

Dilansir VIVA Otomotif dari keterangan resmi Wuling Motors, Kamis 7 April 2022, ADAS merupakan inovasi yang memberikan kemudahan dan keamanan serta membantu pengemudi, dalam berbagai kondisi perjalanan.

Mewah dan Canggihnya Sedan Terbaru Mercedes-Benz

Dengan memanfaatkan sensor radar dan kamera, ADAS pada Wuling Almaz RS terbagi menjadi empat, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance and Braking Assistance, serta Automatic light.

Panel instrumen Wuling Almaz RS

Photo :
  • Dok: Wuling Motors
Terkuak! Pemilik Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal TNI Ternyata Pakai Pelat Dinas Palsu

ACC adalah mode jelajah yang menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depannya secara otomatis, sehingga pengemudi tidak perlu repot terus melakukan penyesuaian.

Mobil juga akan melambat secara otomatis saat memasuki tikungan, berkat fitur Bend Cruise Assist atau BCA. Lalu, ada juga Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Traffic Jam Assistance (TJA) yang secara otomatis menjaga jarak aman sekaligus posisi kendaraan dalam lajurnya, saat kondisi lalu lintas macet maupun lancar.

Lane Recognition berperan untuk memberikan peringatan serta secara aktif dengan cara mengoreksi arah kendaraan, jika kamera ADAS mendeteksi mobil akan keluar lajur. Sistem ini terdiri dari dua fitur, yaitu Lane Departure Warning berupa peringatan dan Lane Keeping Assist yang bakal berfungsi mengoreksi secara otomatis.

Safe Distance and Braking Assistance adalah yang paling berguna di kondisi lalu lintas Indonesia, di mana sistem akan melakukan pengereman secara otomatis jika komputer mendeteksi potensi terjadinya tabrakan. Saat pengemudi menginjak rem namun dirasa belum cukup, maka sistem bakal memberi bantuan melalui Intelligent Hydraulic Braking Assistance.

Terakhir adalah Automatic Light dengan fitur Intelligent Head Beam Assistance, yang akan secara otomatis menyesuaikan ketinggian sorot lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar.

Selain ADAS, Almaz RS juga dibekali Wuling Interconnected Smart Ecosystem dan Internet of Vehicle. Semua kecanggihan itu bisa dicoba di booth Wuling yang ada di Hall D JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya