Canggihnya Mobil Masa Depan Suzuki Buatan RI di IIMS 2022

Teknologi Suzuki Smart Hybrid di IIMS 2022.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Para produsen otomotif di Indonesia mulai menunjukkan kebolehan mereka dalam pengembangan kendaraan elektrifikasi, di pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2022.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Salah satunya Suzuki, yang memajang teknologi baru yang bakal disematkan pada mobil masa depan mereka nantinya dan diberi nama Suzuki Smart Hybrid.

Suzuki Smart Hybrid merupakan pengembangan dari Smart Hybrid Vehicle System, yang sebelumnya pernah diterapkan pada Suzuki Ertiga Diesel.

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Teknologi SHVS dibangun menggunakan fitur DUALJET, yang merupakan pengembangan terkini Suzuki dalam bidang efisiensi mesin dan diwujudkan dalam bentuk jantung pacu berkode K10C.

Teknologi Suzuki Smart Hybrid di IIMS 2022.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Fitur tersebut digabungkan dengan Intergrated Starter Generator atau ISG, yang bertugas sebagai motor penggerak untuk memberi bantuan tenaga ke mesin.

Sistem SHVS yang dipamerkan mengemas baterai utama yang ringan dan ringkas, serta dirancang untuk masa pakai yang lebih lama. Suzuki Smart Hybrid dinilai ringan, ringkas dan hemat energi sehingga sangat ideal untuk compact car dengan kemampuan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

“Penerapan Suzuki Smart Hybrid pada kendaraan dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, dan mengurangi emisi gas buang. Suzuki Smart Hybrid juga merupakan sistem elektrifikasi yang paling terjangkau dari segi harga,” ujar Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales, Yulius Purwanto di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dikutip VIVA Otomotif Jumat 8 April 2022.

Dibandingkan dengan SHVS, Suzuki Smart Hybrid jauh lebih canggih dan dilengkapi baterai Lithium-Ion serta fitur regenerative braking yang bisa menkonversi energi gerak dan panas menjadi listrik.

Yulius menjelaskan, Suzuki Smart Hybrid akan terasa manfaatnya saat digunakan dalam kemacetan lalu lintas, di mana kondisi kendaraan harus sesekali maju dan berhenti.

“Ada fitur auto-stop, restart yang halus dan senyap setelah auto-stop aktif, bantuan tenaga untuk akselerasi yang lebih ringan saat stop and go, serta kemudahan regenerasi daya baterai selama pengurangan laju kendaraan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pada IIMS 2022 Suzuki menghadirkan booth dengan tema Eco Green Friendly dan menampilkan 13 unit mobil, tiga unit sepeda motor serta deretan aksesori. Mereka juga menawarkan beragam promo menarik yang dapat dimanfaatkan selama acara IIMS 2022 berlangsung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya