4 Alasan Chery Bisa Sukses di Indonesia

Chery Omoda 5 di IIMS 2022
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Tahun ini ada satu merek baru dari China yang meramaikan pasar otomotif nasional, yakni Chery. Mereka pernah hadir lebih dari satu dekade lalu, dan kini kembali dengan strategi dan kekuatan baru.

Kaget Lihat Jumlah Daihatsu Xenia yang sudah 20 Tahun di Indonesia

Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2022, menjadi ajang bagi Chery Motor Indonesia untuk mengenalkan brand serta memajang lini mobil andalan. Setidaknya ada empat hal yang bisa membuat mereka meraih sukses besar di Indonesia, berikut daftarnya:

1. Produk baru dan jaringan
Booth Chery yang bertema New Chery, New Products, New Experience memamerkan beberapa produk seri SUV dan kendaraan energi terbarukan. Mulai dari Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7 Pro, Skytour, Omoda 5 hingga mobil listrik EQ1.

Parah! Ada Oknum yang Meloloskan Uji Tipe Kendaraan Tidak Sesuai Aturan

Chery Skytour di IIMS 2022

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Chery mengadopsi berbagai cara untuk bertemu dengan konsumen, seperti dalam bentuk showroom, ajang pameran maupun brand boutique. Mereka juga menargetkan pembangunan lebih dari 100 showroom di seluruh Indonesia dalam waktu dua tahun.

Daihatsu Xenia Hilang Kendali Diduga Jalan Licin, Berakhir Nyungsep

Chery Tiggo Meluncur di Jakarta, Januari 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id / Septian Farhan Nurhuda

Selain itu, Chery juga akan mendirikan pusat suku cadang di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi agar pasokan suku cadang dan layanan purna jualnya lebih cepat terpenuhi dan memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Saat ini, mereka juga telah memiliki sebuah aplikasi digital, yaitu Aplikasi Chery, yang dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pembelian mobil secara online, terutama di era pascapandemi. 

2. Desain dan teknologi
Semua kendaraan yang dihadirkan mengacu kepada tiga pilar utama Chery, yaitu Advance Technology, Fashionable Design, dan High Quality.

Chery EQ1 di IIMS 2022.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Konsep tersebut terbukti ampuh memikat konsumen, di mana tidak sedikit pengunjung IIMS 2022 yang penasaran dan hendak membeli. Menurut data Chery, setiap hari booth mereka didatangi sekitar 2 ribu pengunjung. 

“Tidak hanya bertanya mengenai detail produk, tetapi juga kapan produk akan siap dijual. Bahkan, mereka ingin langsung booking,” ujar Presiden Direktur Chery Motor Indonesia, Tao Yong melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 9 April 2022.

Konsumen memesan mobil Chery di IIMS 2022.

Photo :
  • Dok: Chery Motor Indonesia

3. Dijual di 80 negara
Chery bukan pemain kecil di industri otomotif global. Mereka telah mendirikan lima pusat riset dan pengembangan, mengekspor kendaraan ke lebih dari 80 negara dan wilayah serta mendirikan 10 pabrik di luar negeri.

4 Laku 10 juta unit
Perusahaan Chery memiliki lebih dari 1.500 diler dan outlet layanan di luar negeri, dengan 10 juta pengguna di seluruh dunia termasuk 1,9 juta pengguna di luar China. Mereka juga menempati peringkat pertama dalam jumlah mobil penumpang yang diekspor dari China, selama 19 tahun berturut-turut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya