Ada yang Mengejutkan dari Penjualan Mobil di Indonesia

Pameran Jakarta Auto Week atau JAW 2022.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Angka penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia pada bulan kemarin, berhasil menembus pencapaian yang luar biasa, tertinggi dalam kurun waktu dua tahun terakhir. 

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Pada Maret kemarin, jumlah mobil yang didistribusikan dari pabrik ke diler yakni sebanyak 98.524 unit, sementara pengiriman dari diler ke konsumen di bulan yang sama mencapai 89.811 unit.

Jumlah itu, baik wholesales maupun retail sales berhasil mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal, yang terjadi sebelum pandemi.

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

Dengan adanya pencapaian itu, Asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo atas nama industri otomotif Indonesia menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian atas dukungan lewat berbagai kebijakan yang mendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia. 

Perakitan mobil Toyota Kijang Innova di pabrik TMMIN.

Photo :
  • Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr
Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Kebijakan yang sudah digulirkan, seperti Pajak Barang Mewah atau PPnBM Ditanggung Pemerintah berhasil membangun gairah pasar dan mendorong tingginya permintaan.

Kebijakan tersebut juga menggerakkan kembali UKM industri pendukung, dan juga ekosistem seluruh lini industri otomotif Indonesia.

Tercatat kenaikan setelah berlakunya kebijakan PPnBM DTP pada 2021 yakni sebesar 68 persen. Dengan hasil penjualan pada Maret 2022, maka pencapaian kuartal pertama tahun ini yang mencapai 263.810 unit mencatatkan kenaikan sebesar 41,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Hasil penjualan kendaraan pada bulan Maret yang berhasil mencapai lebih dari 98 ribu unit, yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan pemerintah,” ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 11 April 2022. 

Sementara itu, Kementerian Perindustrian memberikan respons yang sangat positif atas hasil pencatatan penjualan kendaraan di bulan Maret kemarin. Kemenperin berharap, agar Gaikindo dan industri otomotif indonesia dapat terus menjaga dan mempertahankan pencapaian yang sangat baik tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya