Suzuki Ertiga Hybrid Resmi Mengaspal

Suzuki Ertiga Hybrid
Sumber :
  • Motorbeam

VIVA – Setelah sempat bocor informasinya beberapa waktu lalu, akhirnya Suzuki Ertiga Hybrid resmi mengaspal. Dikutip VIVA Otomotif dari laman Motorbeam, Sabtu 16 April 2022, peluncuran dilakukan oleh Maruti Suzuki, di India.

Bluebird Kenalkan Armada Taksi Listrik Baru di PEVS 2024

Tampilan depan mobil berkapasitas tujuh orang itu tampak berbeda di bagian depan, karena bagian grille diubah menjadi lebih modern. Sistem hiburannya mengandalkan layar tujuh inci yang bisa terhubung ke ponsel melalui fitur Android Auto dan Apple CarPlay.

Suzuki menyematkan kemampuan canggih pada head unit Ertiga baru, di mana pengemudi maupun penumpang bisa mengakses beberapa fitur melalui perintah suara yang menggunakan basis dari Amazon Alexa.

Kecelakaan di Tol Japek, Avanza Kebakar Mobil Pikap Terbalik

Mobil yang masuk ke dalam segmen Multi Purpose Vehicle ini memiliki dimensi panjang 4.395 milimeter, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm.

Suzuki Ertiga Hybrid

Photo :
  • Motorbeam
Truk Tabrak Mobil Bak Terbuka di Sukabumi, Tewaskan Anggota KNPI

Berbeda dari model yang dipasarkan saat ini, Suzuki Ertiga baru menggunakan jantung pacu K15C Smart Hybrid yang memiliki spesifikasi empat silinder berkapasitas 1.462cc dengan kemampuan 115 daya kuda dan torsi 138 Newton meter.

Namun, performa bakal lebih besar dari itu karena Suzuki memasang tambahan motor listrik berkekuatan 31 daya kuda serta torsi 60 Newton meter, menjadikannya sebagai mobil hybrid. Informasi menyebutkan, bahwa konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 20,5 kilometer per liter.

Ada tiga fitur yang jadi andalan di bagian sumber tenaga, yakni idle start stop yang akan mematikan dan menyalakan mesin saat terjebak kemacetan, brake energy regeneration di mana energi panas dan gerak bakal diubah jadi listrik, serta torque assist yang akan menambah torsi saat diperlukan.

Sebagai informasi, pada pameran IIMS 2022 kemarin PT Suzuki Indomobil Sales memajang teknologi Suzuki Smart Hybrid yang dikabarkan akan diterapkan pada mobil baru mereka yang meluncur tahun ini.

Sayangnya, SIS tidak menyebutkan kendaraan apa yang bakal dipasangi sistem hybrid tersebut. Mereka hanya mengaku, model yang dimaksud adalah yang memiliki pangsa pasar besar di segmennya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya