Ada Kabar Mengejutkan soal Mobil Honda

Honda Jazz 2020 versi India
Sumber :
  • Honda India

VIVA – Honda menjadi salah satu pabrikan otomotif asal Jepang, yang sukses memasarkan produk mobil mereka di seluruh dunia. Merek ini setiap tahunnya bisa menjual sekitar lima juta unit secara global.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Mereka terus meluncurkan produk baru, serta memberi penyegaran pada beberapa model yang dianggap masih besar peminatnya. Meski demikian, ada juga yang harus dihentikan produksinya.

Salah satu contohnya yakni Honda Jazz, yang pada tahun lalu resmi tidak lagi dirakit di Indonesia. Model ini pertama kali hadir di Tanah Air pada akhir 2003, dan didatangkan dalam bentuk impor utuh dari Thailand.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing

Tingginya minat konsumen, membuat pabrikan tersebut akhirnya melakukan produksi secara lokal pada 2004. Model terakhir Jazz yang dijual di Tanah Air merupakan generasi ketiga, dan tersedia dalam varian standar serta RS. Harganya mulai dari Rp255 juta on the road Jakarta.

Honda Jazz

Photo :
  • HPM
Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Nasib Honda Jazz di beberapa negara lain juga tidak berbeda, di mana turunnya minat konsumen terhadap mobil hatchback membuat model ini harus disetop produksi maupun penjualannya. Seperti di Amerika Serikat, Australia dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Rushlane, Selasa 19 April 2022, cerita yang sama dikabarkan akan terjadi juga di India, di mana mobil berkapasitas lima orang itu semakin merosot angka penjualannya.

Setiap bulan model tersebut hanya laku ratusan unit saja, sementara pesaingnya dari merek lain bisa menyentuh angka hingga belasan ribu unit. Padahal, harga yang ditawarkan di Negeri Hindustan tidak semahal di Indonesia, yakni mulai dari 770 ribuan Rupee atau setara Rp140 jutaan.

Disebutkan bahwa pangsa pasar otomotif terbesar di India saat ini dipegang oleh model yang masuk ke dalam segmen Sport Utility Vehicle, baik ukuran kecil maupun sedang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya