'Bongkar' Mobil Andalan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag

Interior New Honda Civic Turbo 2019
Sumber :
  • VIVA/Rezky Amelia

VIVA – Kejaksaan Agung telah menetapkan empat tersangka kasus ekspor minyak goreng. Salah satunya adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Daglu) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana.

Daftar Mobil Baru yang Cicilannya di Bawah Upah Minimum

Atas kasus tersebut, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag menjadi bahan perbincangan, karena perbutannya itu menjadi salah satu faktor minyak goreng sempat langka di pasaran, dan harganya melambung.

Dirjjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana tersangka

Photo :
  • ANTARA FOTO/HO/Puspen Kejagung
Terpopuler: Polisi Gerebek Pameran Otomotif, Pesan Mobil Sport Listrik Rp1,1 Miliar

Diketahui, Wisnu Wardhana beberapa kali memiliki posisi penting di Kemendag. Terakhir jabatannya tertulis sebagai Staff Ahli Bidang Iklim Usaha, dan Hubungan Antar Lembaga pada periode 2020-2021.

Statusnya itu terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, atau LHKPNa, dikutip VIVA Otomotif Rabu 20 April 2022. Di mana pada tahun tersebut dia melaporkan pundi-pundi miliknya sebesar Rp4,487 miliar dengan aset terbesar tanah, dan bangunan.

Spek dan Harga 7 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Disita Kejagung, Rolls-Royce sampai Ferrari

Lebih tinggi dari 2019-2020 saat menjadi Dirjen Perdagangan Luar Negeri, yaitu Rp4,195 miliar. Namun dari kedua laporan harta kekayaannya tersebut, alat transportasi yang dimiliki tidak ada perubahan, satu unit motor, dan satu unit mobil.

Mobil andalannya itu adalah Honda Civic lansiran 2017 seharga Rp435 juta. Artinya generasi 10 yang pertama kali mendarat di Indonesia pada 2016. Memiliki penampilan sporty dengan jantung pacu yang lebih bertenaga.

Civic tersebut mengandalkan mesin bensin empat silinder VTEC berkapasitas 1.500cc turbo, tenaga maksimalnya 173 dk, dan torsi 220 Nm. Disalurkan melalui transmisi matik CVT (Continuosly Varible Transmission).

Fitur-fitur di dalam kabin meliputi kunci pintar, pendingin ruangan otomatis, setir multi fungsi, rem parkir elektrik, dan sistem hiburan dengan head unit layar sentuh 7 inci yang dapat terkoneksi gadget didukung 8 speaker.

Untuk saat ini PT Honda Prospect Motor sebagai produsen sudah menjual model terbaru, yaitu Civic RS generasi  11 dengan penampilan eksterior moderen, dan fitur-fitur lebih canggih. Hanya satu varian, dengan harga Rp584 jutaan.

Civic RS baru memiliki tampilan lebih agresif terutama tatapan lampu utamanya semakin tajam dengan sumber pencahayaan LED, dan dilengkapi DRL (Daytime Running Light) model alis.

Desain bumper depan berubah dengan menghilangkan garis-garis tajam, logo H di tengah grill atas yang minimalis tetap tegak. Bodi samping masih serupa dengan sebelumnya, hanya pelek yang berubah menjadi palang lima dual tone.

All New Honda Civic Turbo.

Photo :
  • Krisna Wicaksono/VIVA.co.id

Teknologi keamananya sudah didukung Honda Sensing yang di dalamnya bersarang fitur-fitur canggih untuk mencegah mobil keluar marka jalan, bersentuhan dengan kendaraan lain, dan bisa melakukan pengereman otomatis.

Meski jantung pacunya masih mengandalkan mesin pada generasi sebelumnya, namun ada beberapa penyesuaian. Sehingga tenaganya meningkat jadi 178 dk, dan torsi 240 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya