Datsun Bakal Dijadikan Mobil Listrik Murah oleh Nissan

New Datsun GO
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Nissan yang memiliki merek mobil Datsun dikabarkan telah mempersiapkan rencana ke depan untuknya. Nantinya pabrikan asal Jepang tersebut akan hadir dalam versi mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau untuk beberapa negara.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Seorang sumber dari Nissan mengatakan kepada Automotive News, bahwa mereka memiliki opsi yang masih dibahas. Seperti, menjadikan Datsun sebagai mobil listrik murah dan bisa saja hadir dalam waktu dekat ini.

Rumor ini sendiri muncul usai  Nissan pada bulan lalu menyatakan menghentikan operasional Datsun di India. Di mana, hanya berusia sembilan tahun sejak merek itu dihidupkan kembali di India pada 2013.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Penghentian operasional merek Datsun di India bukanlah hal yang mengejutkan, sebab Nissan sebagai induk perusahaan Datsun telah menutup operasional Datsun di Rusia dan Indonesia pada 2020.

Nissan juga belum mengambil langkah soal model entry level Datsun Go dan Small-MPV Datsun Go+. Sebaliknya, pabrikan justru menyatakan saat ini sedang fokus pada merek mereka sendiri, yakni Nissan.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Logo Datsun

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

“Sebagai bagian dari strategi transformasi global Nissan, Nissan berfokus pada model dan segmen inti yang memberikan manfaat paling besar bagi pelanggan, mitra diler dan bisnis," kata sumber tersebut.

Kini, peluang untuk melahirkan kembali Datsun sebagai mobil listrik tetap terbuka berkat kemitraan Nissan dengan Renault dan Mitsubishi. Salah satu fokus utama dalam aliansi mereka adalah melakukan investasi bersama untuk arsitektur kendaraan listrik.

Dengan menyiapkan 35 model listrik baru di semua mereknya (termasuk Infiniti dan Dacia) pada tahun 2030. Hadir dengan mobil listrik dinilai sebagai langkah efektif, sebab akan ada segmentasi pasar mobil listrik terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya