Mobil Baru Ini Kalau Dijual Harganya Jatuh Banget

Mobil Bekas Nissan di Showroom Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA  – Menjual kendaraan bekas memang tak bisa diprediksi terkait harga yang ditawarkan. Apalagi beberapa produsen saat ini sedang gencar memproduksi kendaraan baru yang membuat model lama menurun nilainya.

Diecast Bukan Sekadar Mainan Semata

Meski demikian, peminat mobil bekas masih tetap ada lantaran faktor harga yang lebih murah. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa mobil baru dari merek dagang ternama kalau dijual kembali harganya turun di showroom mobil bekas.

Lantas, mobil apa saja? Pemilik Showroom Nava Sukses Motor, Fahmi mengungkapkan bahwa mobil dari merek seperti Mazda dan Nissan itu kalau dijual kembali harganya turun. Adapun tipenya mulai dari Mazda 6, CX-8, Nissan Navara, Terra, hingga X Trail.

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

Nissan Livina di bursa mobil bekas

Photo :
  • VIVA/Pius Mali

"Untuk di mobil bekas kalau mau dijual kembali itu tergantung merek mobilnya. Biasanya yang turun banget itu mobil dari China atau dari merek Mazda dan Nissan," ungkap Fahmi kepada VIVA Otomotif, Rabu 18 Mei 2022.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Dia menambahkan biasanya mobil-mobil dari perusahaan tersebut lebih besar depresiasi harganya daripada mobil umum yang menjadi pilihan pelanggan. Perlu diketahui, depresiasi mobil dimaksud adalah selisih harga mobil saat membeli dan menjual alias penyusutan nilai. 

"Ditambah brandingnya dari merek tersebut juga masih kurang di mata masyarakat umum yang membuatnya agak susah kalau dijual kembali," tambahnya. 

Selain dari faktor-faktor tersebut, ada faktor utama mengapa dua merek dagang tersebut kalau produknya dijual kembali harganya turun drastis. Fahmi mengatakan biasanya konsumen mobil bekas itu mengeluh dengan perawatan yang lebih ekstra dan lebih mahal.

"Apalagi suku cadangnya itu lumayan mahal.Hal-hal tersebut yang mempengaruhi harga pasar di mobil turun banget ketika hendak dijual kembali," jelasnya.

Terkait soal harga, Fahmi tidak memberitahu soal pasti kisaran harganya dari mobil-mobil bekas tersebut. Namun, dia memberitahu kalau macam-macam tipe tersebut berbeda harganya dan tergantung juga tahun produksinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya