Hyundai Siapkan Pabrik Mobil Listrik Baru Senilai Rp80 Triliun

Logo Hyundai
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA – Baru-baru ini, Hyundai Motor Group mengumumkan akan membuat pabrik mobil listrik baru untuk mengembangkan produksinya. Nantinya, pabrik tersebut akan berada di Amerika Serikat, tepatnya Georgia.

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik

Perusahaan asal Korea Selatan itu telah siap mempekerjakan ribuan orang di daerah itu untuk membantu produksi kendaraan. Bahkan mereka telah sepakat dengan gubernur setempat, untuk membangun proyek besar terkait industri otomotif.

Dikutip VIVA Otomotif dari JapanToday, Minggu 22 Mei 2022, CEO Hyundai Motor Group Jaehoon Chang mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan dana sebesar US$5,5 miliar atau sekitar Rp80 triliun. Dia berharap dengan dana tersebut dapat memikat produksi besar khusus kendaraan listrik.

Pengakuan Sales yang Mobil Jualannya Ditabrakkan Anak Kecil di Mall

Booth Hyundai di IIMS 2022

Photo :
  • Dok: HMID

Lebih lanjut, Chang memberitahu pihaknya berencana akan mempekerjakan setidaknya 8.100 pekerja di pabrik Georgia. Ribuan para pekerja tersebut nantinya akan membantu untuk merakit mobil listrik dan mesin baterai dengan kualitas sesuai aturan perusahaan.

Viral Bocah Tabrakkan Mobil Listrik Chery di Dalam Mall, Netizen: Alhamdulillah SPK

Diketahui, nantinya pabrik tersebut akan memiliki luas sebesar 890 hektare. Tempat tersebut berdekatan dengan Interstate 16 yang menghubungkan kota Savannah dan Macon. Perusahaan yang telah berdiri sejak  1967 itu akan menjual mobil dengan merek Hyundai dan Kia.

Sebelumnya, mereka sudah mengoperasikan dua pabrik perakitan mobil di Amerika tepatnya di Montgomery. Untuk pabrik yang baru dibuat ini akan menjadi kedua sebagai penghasil kendaraan listrik di negara tersebut. 

Saat ini, Hyundai memang sedang memproduksi secara besar-besar terkait kendaraan listriknya. Hal itu dikarenakan untuk mendukung kelestarian lingkungan dan mengurangi emisi gas buang demi mengurangi polusi udara yang dibuat oleh kendaraan mesin internal atau diesel.

Adapun kendaraan listrik yang dibuat oleh mereka mulai dari Kona, Ioniq, hingga Ioniq 5 yang baru saja dibuat oleh pabrik Indonesia. Baru-baru ini perusahaan juga akan mengeluarkan produk baru yaitu Ioniq seri 6 yang sebentar lagi akan meluncur.

Sebagai tambahan informasi, dikabarkan bahwa peluncuran Ioniq 6 akan dilakukan pada pertengahan tahun ini. Modelnya beberapa kali kerap tertangkap kamera sedang di uji coba di jalanan. Secara keseluruhan, Ioniq ini akan mirip dengan saudaranya yaitu 5, sebab akan sama-sama menggunakan Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya