Cara Mudah Membersihkan Kaca Mobil dengan Bahan Rumahan

Ilustrasi menghilangkan jamur kaca mobil
Sumber :
  • Seva.id

VIVA – Banyak dari pemilik mobil yang kurang memperhatikan penampilan fisik kendaraan mereka dengan baik, terutama pada bagian kaca. Jika tidak dirawat, maka bisa menimbulkan jamur dan noda yang bisa mengganggu pemandangan.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil yang cerdas penting untuk merawat kaca agar kendaraan tampil lebih keren. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan bagian tersebut cukup di rumah saja.

Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Suzuki, Minggu 22 Mei 2022, siapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan seperti lap kering, ember, sabun khusus, dan air. Sebelum memulai, campurkan kedua bahan seperti sabun dan air terlebih dahulu.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Ilustrasi membersihkan kaca mobil.

Photo :
  • Seva.id

Setelah itu, celupkan lap kering ke ember yang terisi sabun khusus dan gosokkan dengan hati-hati pada bagian kaca yang berjamur. Ingat, jangan terlalu keras ketika di lap karena bisa menyebabkan goresan dan kerusakan.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Jika masih ada sisa jamur yang terlihat, gunakan air soda sebagai solusinya. Caranya, cukup siramkan air soda ke lap bersih, kemudian gosok kembali secara perlahan pada kca mobil yang berjamur sampai bersih. Diketahui, kandungan dalam air soda ini akan memudarkan jamur yang membandel.

Selain menggunakan bahan tersebut, ada satu bahan yang mudah ditemukan di dalam rumah. Iya, satu bahan tersebut adalah pasta gigi. Apabila kaca mobil masa ada bekas jamur setelah dilakukan pembersihan, maka gunakan pasta gigi untuk menangkalnya.

Caranya dengan oleskan pasta gigi ke bagian kaca mobil yang berjamur, dan tunggu selama satu menit. Apabila bahan tersebut dirasa sudah menempel, jangan lupa untuk bersihkan dengan air bersih dan lap menggunakan kain kering.

Sedikit informasi, sebagai pemilik kendaraan roda empat penting untuk rutin membersihkan kaca mobil. Sebab, kaca mobil berfungsi sebagai pemandangan luar ketika sedang berkendara. Setidaknya dua minggu sekali untuk membersihkan bagian tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya