Daftar Mobil Honda yang Belinya Harus Inden

All New Honda HR-V RS.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Honda menjadi salah satu pabrikan otomotif di Indonesia, yang konsisten berada di posisi lima besar dalam daftar merek mobil terlaris. Salah satu model yang jadi andalan mereka, yakni Honda Brio.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Kendaraan mungil yang hadir dalam dua model itu, yakni Low Cost Green Car atau LCGC dan City Car, sempat menempati urutan pertama mobil paling laku di Tanah Air.

Sayangnya, di tahun berikutnya angka penjualan Brio turun lantaran masalah pada ketersediaan salah satu komponen yang dibutuhkan pada saat perakitan, yakni semikonduktor atau cip.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Krisis semikonduktor sudah melanda sejak tahun lalu, dan sampai saat ini belum ada tanda-tanda bakal mereda. Bahkan, hal itu juga memberi dampak pada model Honda lainnya.

onda Brio di pameran JAW 2022.

Photo :
  • VIVA Otomotif
Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Business Innovation and Sales merangkap Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan bahwa saat ini para pembeli mobil baru All New Honda HR-V tipe RS Turbo harus menunggu selama beberapa bulan, sebelum unit dikirim ke rumah.

“Target kami 12 bulan itu 35 ribu unit, berarti sebulan harusnya 3.000 unit kan. Tapi, sekarang saja belum sampai karena masalah cip semikonduktor itu,” ujarnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dikutip VIVA Otomotif Selasa 24 Mei 2022.

Billy menuturkan, pihaknya terus berupaya meminta Honda pusat untuk menyediakan lebih banyak semikonduktor yang dibutuhkan oleh Brio dan HR-V.

“Kalau BR-V sudah ada perbaikan, karena mobil itu memang dikembangkan khusus untuk Indonesia. Jadi, kami sudah antisipasi dari awal dengan minta ke principal untuk menyiapkan banyak komponen,” tuturnya.

Billy menjelaskan, saat ini pembeli Brio harus menunggu kurang lebih 1-2 bulan sebelum unit bisa disiapkan untuk dikirim ke konsumen.

“Kalau lihat Jakarta ya, HR-V RS Turbo two tone inden bisa sampai September, karena prosesnya lebih panjang. Yang paling laris itu tipe SE, 59 persen, itu bisa Juli atau Agustus dapat unitnya,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya