Honda Buka-bukaan soal Masa Depan Mobilio

New Honda Mobilio
New Honda Mobilio
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Beberapa tahun lalu, jenis mobil yang populer di Indonesia adalah Multi Purpose Vehicle atau MPV, mulai dari kelas bawah hingga atas yang harganya miliaran rupiah.

Selain memiliki kabin yang luas sehingga bisa menampung banyak orang atau barang, kendaraan ini juga dibekali dengan fitur yang cukup lengkap. Ditambah lagi, harga jualnya kala itu masih banyak yang di bawah Rp200 juta.

Salah satu mobil yang masuk ke dalam kategori Low MPV adala Honda Mobilio, model ini pertama kali diperkenalkan pada akhir 2013, dan mengisi segmen yang sama dengan Toyota Avanza serta Daihatsu Xenia.

Tahun pertama kehadirannya, Mobilio laku lebih dari 100 ribu unit di Indonesia, Thailand dan India. Namun, di tahun-tahun berikutnya angkanya terus mengalami penurunan.

Honda Mobilio di GIIAS 2019

Honda Mobilio di GIIAS 2019

Photo :
  • VIVA/Jeffry Yanto

Business Innovation and Sales merangkap Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum berencana untuk menyudahi penjualan Mobilio, meski angka distribusinya tidak besar.

Penurunan itu, kata Billy disebabkan oleh terhambatnya pasokan komponen semikonduktor yang melanda sejak tahun lalu dan mengakibatkan penurunan jumlah produksi.