Jelajah Lombok dan Bali Naik All New Honda HR-V

All New Honda HR-V.
All New Honda HR-V.
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA – Mobil jenis Sport Utility Vehicle atau SUV sedang naik daun di Indonesia, hal itu bisa dilihat dari semakin banyaknya peminat dari kendaraan berpenampilan gagah tersebut.

Salah satu model baru yang mengusung desain SUV dan resmi hadir di Indonesia belum lama ini, yaitu All New Honda HR-V. Generasi kedua dari mobil andalan pabrikan asal Jepang itu tampil lebih modern, dan disematkan teknologi terbaru dalam bidang keselamatan.

Honda Sensing yang berisi fitur-fitur canggih disematkan, demi memberi rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Untuk membuktikannya, PT Honda Prospect Motor mengajak media nasional untuk mencoba langsung di dua lokasi yang berbeda, yakni Lombok dan Bali.

Perjalanan dimulai pada Senin pagi, di mana rombongan tiba di Nusa Tenggara Barat dan langsung menuju ke Sirkuit Mandalika. Para peserta diajak mencoba performa mesin empat silinder 1.500cc, yang disematkan pada tipe HR-V RS Turbo.

All New Honda HR-V.

All New Honda HR-V.

Photo :
  • Dok: HPM

Mobil yang dibanderol Rp513,9 juta on the road DKI Jakarta itu mampu melaju setara 17 daya kuda, dan torsinya mencapai 240 Newton meter sehingga akselerasi bisa cepat meski kendaraan diisi lima orang. Dibandingkan generasi pertama yakni HR-V 1.8L Prestige, versi Turbo terasa lebih responsif.

Pengaturan suspensinya cenderung lembut, yang sangat ideal digunakan di jalan raya namun kurang bersahabat saat dipacu di lintasan balap. Adanya penambahan panjang bodi dan pengurangan jarak terendah, cukup bisa memberi kompensasi meski tidak signifikan.

Hari kedua, awak media diajak menyeberang ke Bali menggunakan kapal. Setelah beristirahat sejenak, rombongan kemudian kembali menjajal All New Honda HR-V namun dengan tipe yang berbeda, yaitu SE CVT yang dijual dengan harga Rp403,1 juta OTR DKI Jakarta.

Kedua tipe ini sama-sama dibekali panoramic sunroof berukuran besar, yang sayangnya masih menggunakan sistem manual. Meski demikian, pemandangan langit di malam hari dapat terlihat jelas sehingga terasa seperti suasana liburan.

All New Honda HR-V.

All New Honda HR-V.

Photo :
  • Dok: HPM

Bicara soal Honda Sensing, saat VIVA Otomotif coba kemampuannya mengurangi kecepatan secara otomatis saat jarak dengan kendaraan di depan terlalu dekat terbilang halus, tidak membuat penumpang kaget.

Adanya fitur Low Speed Follow juga memudahkan pengemudi, ketika terjebak di kemacetan. Sistem akan otomatis mengikuti kendaraan di depan, sementara penumpang tetap asyik menikmati kabin yang cukup hening berkat sistem peredam berkualitas.

Dengan spesifikasi yang disuguhkan, All New Honda HR-V cocok untuk mereka yang membutuhkan mobil berukuran tidak terlalu besar, namun sudah canggih dan nyaman dikemudikan bahkan untuk ukuran pemula.